Korea Selatan Pernah Larang Pernikahan Satu Marga

Kamu tentunya sudah dengar tentang berita rencana pernikahan Song Song Couple melalui tv kabel atau sosial media. Ya, Song Joongki dan Song Hye Kyo memang menarik perhatian publik dengan rencana pernikahan mereka beberapa waktu lalu. Pasangan yang terus diterpa dating rumor sejak berpasangan dalam drama Descendants of The Suns ini pada akhirnya mengakui bahwa mereka telah menjalin hubungan sejak lama. Puncaknya, Joong Ki pun melamar Hye Kyo dan mereka akan menikah tanggal 31 Oktober mendatang.

pernikahan korea selatanNamun demikian, di balik berita bahagia tersebut terdapat pula berita miring mengenai aturan larangan menikah dengan satu marga dan keturunan. Song Joongki dan Song Hye Kyo berada di dalam satu marga yang sama yakni “Song” sehingga segelintir pihak mempertanyakan rencana pernikahan tersebut.

Hanya saja, tidak banyak yang tahu bahwa aturan ini sudah dihilangkan sejak lama. Mengapa? Simak detailnya berikut ini.

Dahulu kala, Korea Selatan memiliki aturan untuk menikah dengan satu marga. Misalnya, marga Park yang menjadi salah satu dari total 282 klan. Marga Park ini memiliki keturunan di Gimhae (sebanyak 5 juta anggota) dan di Gyeongju (sebanyak 2,5 juta anggota). Berdasarkan aturan tersebut, seseorang dengan marga Park dari Gimhae boleh menikahi seseorang dengan marga Park dari Gyeongju, tapi dilarang menikahi sesama Park dari Gimhae.

Seiring berjalannya waktu, arus urbanisasi semakin tinggi sehingga sulit untuk menghalangi hubungan antarmarga ini. Pada akhirnya, Korea Selatan sempat mencabut aturan ini selama tiga kali yaitu pada tahun 1977, 1987, dan 1995. Puncaknya adalah di tahun 2005, di mana Korea Selatan akhirnya menghapus aruran tersebut. Warga Korea pun bisa dengan bebas jatuh cinta dengan siapa saja walaupun dari satu marga sekalipun. Dengan catatan, hubungan antarmanusia dalam satu marga ini tidak lebih dekat dari urutan sepupu ketiga di keluarga.

Dengan demikian, Song Joong Ki bisa menikahi Song Hye Kyo meskipun mereka berasal dari satu marga yang sama. Wah, semoga persiapan pernikahannya berjalan dengan lancar, ya!

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0