Kolesterol Tinggi? Bisa Munculkan Beberapa Penyakit Ini!

Kolesterol merupakan salah satu penyakit berbahaya yang kerapkali menyerang tubuh manusia. Munculnya penyakit ini diakibatkan karena penderita terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak, dan tidak memilah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Untuk itulah, supaya Anda terhindar dari kondisi ini, maka sudah sepatutnya untuk menerapkan pola hidup sehat ataupun mencari cara menurunkan kolesterol secara alami. Misalnya seperti rutin melakukan olahraga yang dianjurkan untuk penderita kolesterol.

KolesterolNah, berbicara mengenai kolesterol, ternyata jika kadar kolesterol di tubuh Anda semakin tinggi, maka bisa memunculkan beberapa penyakit yang dapat membahayakan kesehatan. Apa sajakah itu? Yuks, disimak langsung ulasannya di bawah ini!

  1. Darah tinggi. Salah satu penyakit yang ditimbulkan oleh tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh adalah tekanan darah tinggi. Darah tinggi atau dikenal dengan istilah hipertensi sendiri terjadi karena bagian arteri mengeras dan menyempit, sehingga mengakibatkan jantung bekerja dua kali lipat ketika memompa pembuluh darah di dalam tubuh. Akibatnya, malah menyebabkan tekanan darah menjadi tidak normal.
  2. Jantung koroner. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi di dalam tubuh bisa menimbulkan penyakit jantung koroner. Kondisi ini terjadi karena bagian arteri mengalami penyempitan sehingga memperlambat sekaligus mengurangi aliran darah menuju jantung. Nah, kondisilah yang menjadi alasan utama mengapa timbul serangan jantung.
  3. Stroke. Pastinya Anda sangat mengenal penyakit stroke? Yap, stroke merupakan penyakit yang berhubungan erat dengan kolesterol. Stroke terjadi pada saat pembuluh darah yang membawa oksigen menuju otak mengalami penyumbatan, sehingga menghambat proses aliran darah yang masuk ke dalam tubuh dan berakibat fatal pada matinya jaringan sel otak. Nah, saat jaringan otak mati, bisa menimbulkan kelumpuhan pada anggota badan lainnya, misalnya seperti tangan, kaki, dan fungsi indera.
  4. Diabetes melitus tipe 2. Diabetes melitus bisa menjadi salah satu penyebab meningkatnya kolesterol di dalam tubuh. Hal ini karena terjadi peningkatan pada bagian trigliserida, peningkatan LDL, dan penurunan HDL, yang bisa mengakibatkan bagian arteri semakin menyempit. Jika arteri menyempit, tentu mengganggu peredaran darah di tubuh sekaligus sangat berakibat fatal meningkatkan kolesterol.

Itulah beberapa penyakit yang timbul akibat dari tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh. Semoga bermanfaat. –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0