Kolam Renang Berstruktur Kayu

Jika mendengar kata kayu, material yang terlintas di benak Anda mungkin adalah furniture kayu jati yang digunakan untuk mengisi hunian Anda. Akan tetapi, bagaimana jika kata ‘kayu’ di sini disulap menjadi material pembangun kolam renang sekelas atlet? Yap, di Amerika Serikat, tepatnya di Amherst, Massachusetts, kayu jati disulap menjadi banguan berisi kolam renang panjang untuk berlatih para atlet. Meski menjadi wilayah bagian dari negara adidaya, Amherst ternyata masih minim fasilitas umum berupa kolam renang. Untuk alasan itulah, seorang atlet renang nasional, Sydne Didier, bermaksud untuk menciptakannya di lingkungan tersebut.

kolam renang kayuRumah sempit itu hanya terletak beberapa kilometer jauhnya dari Amherst College. Awalnya, Didier berniat untuk menyulap rumah tersebut menjadi sebuah kolam dengan ruang tamu dan juga ruang latihan. Namun rumah dengan material kayu jati yang memiliki banyak jendela ini sangatlah sempit sehingga tidak bisa difungsikan. Pada akhirnya, Didier hanya mengubahnya menjadi kolam renang saja.

Rancangan kolam renang dengan material kayu jati ini didesain oleh Rachel Chase dari Austin Design Inc. Rumah desain yang berbasis di Colrain, Massachusetts, ini kemudian merancang sebuah kolam renang yang berbentuk memanjang sekelas perlombaan renang. Ukuran panjangnya sekitar 23 meter dengan jendela-jendela besar yang mengelilinginya. Konsepnya sendiri berkiblat pada back to nature sehingga terkesan sangat natural. Sambil berenang, para atlet bisa memandang ke luar jendela dan berhadapan langsung dengan rerumputan hijau dan pepohonan yang menaunginya. Cahaya matahari pun bisa dengan bebas menerangi bagian dalam rumah. Tiap pagi, Sydne Didier selalu menyempatkan diri untuk berlatih renang di kolam buatannya. Atlet renang ini mengaku bahwa berenang di kolam renang buatannya bisa membawa rasa relaksasi dan ketenangan batin.

Namun demikian, karena kolam renang ini hanya dinaungi oleh material kayu, maka ketika musim dingin tiba, maka air dalam kolam akan membeku selama tiga bulan dan tidak bisa digunakan. Anda harus menunggu hingga musim dingin berlalu untuk dapat menggunakannya kembali. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0