Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Botol Susu Bayi

Sang ibu pasti rela melakukan berbagai hal agar sang bayi mendapatkan yang terbaik. Mulai dari memilih susu ibu menyusui yang terbaik, mengonsumsi makanan yang bisa memengaruhi kualitas ASI, dan lain-lain. Namun, ternyata ada satu hal yang jarang disadari para ibu. Yup, cara mencuci botol susu bayi ternyata sangat penting untuk diperhatikan. Karenanya, hindari kesalahan-kesalahan seperti di bawah ini saat mencuci botol susu bayi ya Mom! (sc: mommyasia.id)

  1. kesalahan cuci botol bayiBelum Mencuci Tangan

Meskipun kelihatannya bersih, mencuci tangan sebelum memegang botol susu bayi itu wajib dilakukan. Anda tidak tahu seberapa banyak kuman yang terdapat di telapak tangan karena tidak kasat mata. Apalagi jika Anda habis memegang sesuatu yang kotor seperti lap meja, atau popok bekas bayi. Untuk mencegah kuman berpindahd dari tangan ke botol susu, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu ya!

  1. Merendam Botol Bayi

Hayo, siapa di antara para ibu ini yang sering merendam botol susu bayi? Eits, ternyata hal itu merupakan cara yang salah lho. Jangan anggap bahwa merendam botol bayi itu akan mematikan kuman-kuman yang menempel pada botol bayi karena pada kenyataannya, saat botol direndam justru kuman di air rendaman bisa menempel di botol susu kembali.

Lalu bagaimana cara mencuci botol bayi yang benar? Sebenarnya Anda bisa merendam botol bayi dengan air hangat, namun jangan terlalu lama dan jangan lupa untuk mencucinya kembali dengan air mengalir. Gunakan sikat khusus untuk botol susu dan pastikan Anda membersihkan setiap bagiannya, termasuk lubang dot dan bagian gelang dot pada botol.

  1. Mengeringkan Botol Langsung dengan Tisu

Mengeringkan botol susu bayi dengan tisu tidak akan efektif karena akan masih menyisakan sisa air di dalam botol dan memungkinkan adanya sobekan tisu yang tertinggal di dalam tisu. Selain itu, Anda tidak bisa menjamin bahwa tisu atau lap yang Anda gunakan bebas dari bakteri. Sebaiknya gunakan dish dryer atau alat pengering khusus agar botol susu bayi bisa benar-benar kering dan tidak terkontaminasi oleh bakteri. Jangan lupa simpan botol susu di tempat khusus yang higienis ya.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar sang bayi tidak terkena bakteri dari botol susunya. Semoga bermanfaat! (Rima)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0