Kenali Gejala Tumor Otak

Otak adalah salah satu bagian tubuh yang sering terjangkit Penyakit Tumor. Tumor otak adalah sebuah sebuah penyakit yang disebabkan tumbuhnya sel abnormal ( tidak normal ) pada bagian otak. Sel tumor otak dapat berasal dari bagian otak itu sendiri atau dari bagian tubuh lainnya yang dapat menjalarkan ke otak.

tumor otakTumor otak memiliki beberapa gejala yang dapat dikenali dan dirasakan oleh penderitanya. Berikut ini beberapa gejala yang dapat dicurigai sebagai tumor otak.

  • Nyeri pada Kepala

Gejala yang sering terjadi akibat dari tumor otak adalah terjadi nyeri kepala. Nyeri pada bagian kepala beragam, muali dari nyeri ringan, berat hingga berdenyut. Bahkan pada malam dan pagi hari, nyeri kepala akan lebih terasa menyakitkan. Nyeri kepala dalam waktu relatif lama, sebaiknya segera diperiksa karena dapat menjadi gejala terjadinya tumor pada otak.

  • Sering muntah

Sering muntah pada pagi hari adalah salah satu gejala tumor otak yang harus diperhatikan. Muntah yang terjadi terjadi pada pagi hari setelah bangun tidur, biasanya tanpa merasakan gejala mual.

  • Turunnya daya ingat dan respon

Penderita tumor otak akan mengalami pernurunan dalam kemampuan daya ingat dan respon. Hal ini dikarenakan sel tumor yang mulai merusak jaringan pada otak.

  • Lumpuh bagian muka

Karena ada sesuatu yang tidak normal pada bagian otak tengah yang terserang tumor, dapat menyebabkan pada bagian muka atau tubuh lainnya terasa kaku hingga lumpuh.

  • Kaki dan tangan mulai kaku

Dikarenakan terjadinya gangguan pada syaraf otak dapat meyebabkan kaki dan tangan menjadi kaku.

  • Sering mengantuk

meskipun sudah tidur dengan cukup, namun masih sering merasakan rasa mengantuk yang lebih. Waspadai hal ini, karena dapat menjadi gejala tumor otak.

Penyakit tumor otak dapat menjadi sebuah penyakit yang sangat berbahaya bila tidak ditangai sejak awal. Oleh karena itu pencegahan dan penanganan sejak dini dapat menurunkan resiko yang dikarenakan tumor otak. Kenali gejala tumor otak dan konsultasikan dengan dokter agar dapat penangan yang lebih tepat.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0