Kenali Gejala Hipertensi yang Paling Awal Terlihat

Banyak orang yang mengira sakit kepala disebabkan oleh gejala hipertensi ataupun Gejala Hipotensi. Akan tetapi, tidak setiap orang yang mengalami sakit kepala berarti terkena hipertensi atau hipotensi, kan?

Jadi, hati-hati memvonis sesuatu. Belum tentu sakit kepada itu tanda hipertensi. Tapi, sakit kepala memang salah satu ciri bawasannya ada resiko seseorang terkena hipertensi.

cek tekanan darahLalu, bagaimana Anda bisa mengetahui gejala-gejala penyakit hipertensi? Setidaknya ada tiga tanda paling awal yang muncul saat seseorang mengalami penyakit berbahaya yang satu ini.

  1. Sakit Kepala yang Luar Biasa

Bukan pusing atau sakit kepala yang biasa. Seseorang yang terkena hipertensi biasanya merasakan sakit kepala luar biasa dan mendadak.

Sebenarnya sakit kepala ini tidak bisa dijadikan tanda hipertensi yang pasti. Karena banyak juga orang yang sakit kepala biasa. Ada tanda lain yang harus Anda perhatikan.

  1. Wajah Kemerah-Merahan

Mungkin sulit untuk mengetahui apakah sakit kepala yang dirasakan penderita itu sakit kepala biasa atau gejala penyakit hipertensi. Akan tetapi, jika Anda lihat raut mukanya saat merasakan sakit, maka Anda bisa pastikan apakah orang tersebut menderita hipertensi atau sakit kepala biasa.

Sakit kepala yang menjadi tanda hipertensi biasanya disertai dengan raut muka yang terlihat kemerah-merahan. Itu tandanya sakit kepalanya benar-benar menyakitkan.

Agar Anda lebih yakin, kenali juga tanda-tanda hipertensi selanjutnya.

  1. Jantung Berdetak Keras

Tanda yang satu ini akan membuat Anda semakin yakin apakah seseorang mengalami hipertensi atau tidak.

Kebanyakan orang yang tiba-tiba sakit kepala dan memegang bagian dada, mereka mengalami hipertensi. Sayangnya, Anda tidak bisa memastikan apakah detak jantungnya keras atau normal. Hanya ahli medis yang tahu.

Akan tetapi, Anda bisa pegang bagian dada. Jika detak jantungnya keras, kemungkinan besar ia mengalami hipertensi. Anda harus segera melakukan tindakan.

Lalu, tindakan apa yang pertama kali harus Anda lakukan? Pertama-tama, Anda harus baringkan tubuhnya. Ini cara yang paling tepat agar detak jantungnya kembali normal. Detak jantung seseorang cenderung lebih cepat saat ia berdiri. Oleh sebab itu, pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuatnya berbaring.

Setelah itu, Anda bisa beri air putih jika ia masih siuman. Mintalah untuk meminum air putih. Jika ada, ambilkan buah segar. Karena buah segar bisa membantu menurunkan hipertensi, terutama buah pisang atau buah mentimun.

Semoga informasi ini bisa membantu Anda untuk memberikan pertolongan kepada orang yang tiba-tiba mengalami hipertensi.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0