Kelebihan Air Conditioner Inverter

Dengan iklim tropis Indonesia yang menyebabkan matahari terus bersinar sepanjang tahun, meski sedang musim hujan, mau tidak mau membuat Air Conditoner (AC) atau pendingin udara jadi benda yang penting ada di setiap rumah. Apalagi, ketika musim kemarau, di mana angin dari kipas angin biasa saja tidak sanggup melawan hawa panasnya.

ac inverterSaat ini sendiri, ada banyak jenis AC yang bisa menjadi pilihan untuk dipasang di rumah Anda, salah satunya adalah AC Inverter. Air Conditioner jenis ini memiliki kelebihan yakni lebih hemat energi dan bekerja lebih “cerdas” dibandingkan dengan pendingin ruangan konvensional. Tidak heran model AC ini mulai menjadi pilihan masyarakat. Selain kelebihan tersebut masih ada lagi kelebihan lain AC Inverter yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk membeli AC jenis ini, di antaranya:

Hemat Energi
“Tarikan” pertama listrik pada saat AC dihidupkan 1/3 lebih rendah dibandingkan dengan AC non-inventer. AC Inventer juga lebih stabil ketika mendingingkan ruangan. Misalnya, dengan pendingin ruangan konvensional atau non-inverter Anda memilih suhu pada 25 derajat, maka ketika suhu ruangan berada di bawah 25 derajat maka Aca akan otomatis mati, dan otomatis hidup lagi ketika suhu naik di atas 25 derajat. Hal seperti ini bila terjadi secara terus-terusan tentunya akan menyebabkan energy listrik dan uang Anda menjadi terbuang percuma. Berbeda dengan pendingin ruangan inverter yang akan tetap hidup, namun bekerja dengan daya separuhnya, sekitar 225 watt.

Sumber daya yang digunakan oleh pendingin ruangan jenis ini diklaim 30% lebih kecil dibandingkan dengan Air Conditioner konvensional. Bahkan beberapa merk AC mengklaim produknya dapat menghemat hingga 60% listrik dibandingkan dengan AC non-inverter.

Pengaturan suhu yang lebih baik
Selain hemat energi, teknologi inverter pada AC memungkinkan untuk menyesuaikan kecepatan motor sesuai dengan yang dibutuhkan. Misalnya saja, ketika suhu ruangan melebihi 25 derajat maka AC akan bekerja lebih keras, sebaliknya ketika suhu ruangan berada di bawah 25 derajat maka AC akan bekerja dengan menggunakan separuh dari dayanya saja. Dengan begitu, suhu di dalam ruangan akan tetap stabil.

Tidak Berisik
Karena tidak mengalami hidup-mati secara otomatis maka penggunanya tidak akan terganggu dengan suara AC yang tiba-tiba hidup atau mati.

Jadi, tertarik menggunakan AC inverter ini? (raw)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0