Keajaiban Sebuah Pelukan Bagi Anak

Keajaiban Sebuah Pelukan Bagi AnakAda banyak sekali hal sederhana yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk menyenangkan anaknya. Sayangnya, masih banyak orangtua yang beranggapan bahwa untuk menyenangkan anaknya, orangtua harus membelikan mainan atau sesuaitu untuk anaknya. Padahal, terkadang hal yang sangat sederhana pun bisa loh menjadi hal yang sangat bermakna bagi anak, misalnya saja sebuah pelukan yang diberikan oleh orangtua kepada anaknya.

Meskipun hal ini terlihat sangat sederhana, namun memberikan pelukan pada anak sangatlah bermanfaat untuk perkembangan anak, baik secara fisik maupun psikologi anak. Sebuah pelukan sangat bermanfaat untuk menenangkan anak dari segala hal yang membuat anak merasa tidak nyaman. Meskipun anak terlihat selalu ceria dan seolah tidak memiliki masalah, namun sebenarnya anak-anak juga sangat mudah mengalami stress atau depresi. Misalnya saja, ketika ada yang bertengkar di sekitarnya, atau ada orang yang membentaknya, atau menekannya terus menerus.

Selain itu, ketika anak melakukan suatu kesalahan dan orangtua terpaksa menegur anak dengan intonasi yang lebih tinggi dari biasanya, orangtua bisa menetralkan kembali suasana hati anak dengan memberinya pelukan. Saat memeluk anak, berikan penjelasan mengapa Anda memarahi anak dengan nada yang lembut. Pelukan juga sangat bermanfaat untuk menenangkan anak ketika sedang merasa takut akan suatu hal.

Bahkan, berdasarkan buku berjudul “the miracle of hug” karya Melly Pspita Sari Psi, menyatakan bahwa sebuah pelukan dari ayah akan dapat meningkatkan kepercayaan diri anak dan membuat anak lebih mandiri dan berani dalam menghadapi berbagai permasalahannya. Sementara, pelukan dari seorang ibu, akan mentransfer seluruh rasa sayang ibu pada anak. Dampaknya, anakpun akan memiliki rasa sayang dan empati yang besar terhadap lingkungan sekitarnya.

Tidak semua pelukan dapat bermanfaat bagi seorang anak. Saat memeluk anak, hilangkanlah seluruh masalah yang ada dalam pikiran Anda, dan peluklah anak dengan penuh rasa kasih sayang. Selain itu, singkirkan berbagai benda yang dapat mengganggu kenyamanan anak, seperti tas atau gadget. Berikan pelukan yang tulus dan lembut, hingga anak benar-benar merasa nyaman dan dapat merasakan seluruh kasih sayang yang Anda miliki untuknya melalui pelukan tersebut. (Yv)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0