Karimun Jawa – Wisata Bahari di Jawa Tengah

Saat mendengar tempat wisata Karimun Jawa, apa yang akan Anda bayangkan? Wisata dengan keindahan pantai yang begitu menakjubkan? Atau wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang belum didapat dari wisata lainnya? Yup, semua jawaban yang kamu berikan memang sungguh benar adanya. Kenapa, ya? Lantaran, wisata bahari yang dikenal dengan nama Karimun Jawa ini, menyimpan keindahan alam yang sangat memukau mata bila dilihat langsung dengan mata telanjang. Saking indahnya alam yang disajikan oleh wisata bahari yang satu ini, membuat Karimun Jawa pun menjadi salah satu destinasi wisata dengan pengunjung paling banyak di ITX Indonesia.

pantai karimun jawaSecara wilayahnya, Karimun Jawa ini terletak di kawasan Jepara provinsi Jawa Tengah dengan luas 107.225 ha, dan memiliki jarak sekitar 83 Km dari arah barat laut Jepara. Dulunya, Nama Karimun Jawa yang sungguh unik ini, diberi oleh Syekh Amir Hasan. Syekh Amir Hasan sendiri merupakan anak dari Sunan Muria sekigus murid Sunan Kudus yang memiliki sifat nakal. Karena mempunyai sifat nakal ini, akhirnya Syekh Amir Hasan dibuang di kepulauan yang menurut orang Jawa dinamakan sebagai kerimun-kerimun atau samar-samar. Inilah penyebab yang membuat bahari ini dinamakan dengan Karimun Jawa.

Dari semua pulau yang terdapat di wisata Karimun Jawa ini, setidaknya ada lima pulau yang masih dihuni oleh penduduk jawa dan yang lainnya dibiarkan kosong. Meskipun demikian, namun sekarang ini Karimun Jawa yang menyajikan pemandangan alam sungguh luar biasa takjub ini pun, difungsikan sebagai tempat untuk melindungi cagar alam bawah laut dan dikenal dengan nama Taman Nasional Karimun Jawa. Di taman yang menyimpan cagar alam yang dilindungi ini, menyimpan beberapa spesies laut seperti ikan, genera akuatik, karang laut dan sebagainya. Tidak hanya spesies laut, berbagai satwa yang biasanya hidup di darat juga ada di tempat ini contohnya rusa, burung, penyu, kera, rusa, dan lain-lain.

Walaupun terkenal menjadi wisata yang sangat melindungi cagar alam ini, tetapi wisatawan tentu dapat melakukan berbagai kegiatan seru. Entah itu; berenang dengan ikan hiu jenis Blacktip Reef Shark, snorkeling, diving, bersantai di penginapan apung, dan lain-lain.

Wah, setelah melihat semua keindahan yang diberikan oleh wisata bahari Karimun Jawa ini, apakah kalian tidak tertarik untuk mengunjungi tempat ini? –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0