Kapan Waktu Tepat untuk Ganti Kampas Rem Belakang Mobil

Sekarang ini, memang sudah banyak pemilik kendaraan yang melindungi mobil mereka dengan asuransi mobil. Bahkan meskipun mobil jarang digunakan, perlindungan asuransi ini tetap dianggap sama pentingnya seperti merawat kendaraan yang jarang digunakan agar tidak cepat rusak. Alasannya, tentu untuk melindungi kendaraan dari kejadian buruk yang bisa saja terjadi di kemudian hari, ketika mobil sedang digunakan ataupun risiko yang mungkin terjadi saat mobil tidak digunakan, seperti pencurian mobil. Meskipun begitu, apakah asuransi ini juga akan mengganti rugi keausan yang muncul pada kampas rem belakang mobil? Jawabannya tergantung pada isi polis yang diambil saat pertama kali membuat asuransi.

kampas rem belakang mobilNah, berbicara mengenai kampas rem belakang, bagian ini merupakan bagian paling penting pada kendaraan karena berguna untuk memperkecil laju kendaraan saat dikendarai. Cara kerja dari kampas rem belakang ini adalah mengubah energi gerak menjadi energi panas yang didapat melalui piringan rem. Tanpa adanya komponen ini pada kendaraan, maka bisa dipastikan kecepatan kendaraan pun tidak bisa dikendalikan sehingga bisa menimbulkan kecelakaan.

Untuk itu, agar tidak mengalami kecelakaan, maka alangkah baiknya ganti kampas rem belakang mobil di waktu ini, check it out:

  1. Jika muncul bau tidak sedap. Tanda bila Anda harus mengganti kampas rem belakang kendaraan adalah muncul bau kurang sedap pada mobil. Kondisi ini bisa diketahui ketika Anda mengerem mobil, jika keluar bau seolah seperti terbakar maka bisa jadi komponen kampas rem sudah mulai aus dan menipis. Artinya, Anda harus segera mengganti kampas rem agar tidak menimbulkan masalah di kemudian harinya.
  2. Terdapat serbuk kampas. Tidak hanya bau, bagian komponen rem belakang ini pun wajib diganti pada saat keluar serbuk kampas yang berada di bagian velg Khususnya ketika Anda melakukan pengereman, rem cakram terasa semakin seret padahal tidak ada kerusakaan. Tandanya, berarti terdapat serbuk kampas di rem belakang mobil Anda. Jika begini, tentu Anda diwajibkan untuk mengganti kampas rem dengan yang baru.
  3. Terdengar suara gesekan. Pada saat mengerem, apakah Anda pernah mendengar suara gesekan? Jika pernah, maka itu tandanya Anda harus ganti kampas rem. Sebab kampas rem lama Anda sudah menipis, sehingga bila dibiarkan bisa menimbulkan masalah yang serius, misalnya kecelakaan.
  4. Pedal rem terasa lebih dalam. Apabila merasa pedal rem semakin dalam ketika diinjak artinya Anda wajib untuk mengganti kampas rem karena komponen tersebut sudah aus. Di samping itu, tanda lain yang bisa dilihat jarak pengereman pun sudah mulai menjauh.

Itulah waktu terbaik bagi Anda mengganti kampas rem belakang mobil. Semoga bermanfaat, ya! –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0