Jenis Kertas untuk Percetakan bag 2

Masih banyak jenis kertas yang biasa digunakan untuk media cetak, diantaranya.

jenis kertas

  • Ivory, jenis kertas ini hampir mirip dengan kertas art karton. Kertas memiliki dua sisi yang berwarna putih tetapi tidak seputih art karton dan ivory hanya satu bagiannya saja yang licin. Jenis kertas ini biasanya digunakan untuk kemasan / box kosmetik karena cukup tebal. Ukuran gramasi yang biasa dipakai adalah 210gr, 230gr, 250gr, 270gr, 300gr dan 350gr.
  • Samson Kraft, jenis kertas ini memiliki warna coklat muda, bahannya daur ulang, dan memiliki permukaan yang kasar. Kertas ini biasanya dipakai sebagai kertas bungkus dan karena memiliki kesan yang klasik, kertas ini juga dipakai untuk paperbag atau hangtag. Ukuran gramasi yang biasa dipakai adalah 150gr dan 220gr (karton).
  • Bw /BC / Linen Jepang / Concorde, jenis kertas memiliki tekstur dan biasanya dipakai untuk sertifikat dan kop surat. Kertas ini memiliki banyak jenis warna dan hanya tersedia satu jenis ukuran gramasi yaitu 220gr-250gr.
  • Kertas Jasmine, jenis kertas biasanya digunakan untuk kertas undangan. Kertas ini memiliki gliter warna kekuningan dan hanya memiliki satu ukuran gramasi.
  • Kertas Corugated (gelombang), kita dapat menemukan kertas ini pada kardus yang dibagian dalamnya memiliki gelombang. Kertas ini memiliki ketebalan yang dikategorikan B flute (gelombang besar ) & E flute (gelombang kecil).

Banyak pilihan kertas yang dapat digunakan sebagai media cetak, tergantung penggunaannya. Bagi pemilik usaha percetakan jenis – jenis kertas diatas wajib dimiliki.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0