Jenis Kertas untuk Percetakan bag 1

Kertas adalah bahan baku utama dalam dunia percetakan. Dalam Jasa Percetakan Digital penggunaan kertas memiliki banyak jenis dan ragamnya tergantung penggunaannya. Berikut ini beberapa jenis kertas untuk percetakan digital.

jenis kertas

  • HVS, jenis kertas ini agak kasar dan biasanya digunakan untuk kertas printer dan fotocopy. Untuk ukuran / gramasi kertas yang biasa digunakan adalah 70gr, 80gr dan 100gr.
  • Art / Matt Paper, kertas ini memiliki permukaan dan tekstur yang licin ( art ) atau semi doff ( matt ). Kertas jenis ini biasanya digunkan sebagai kertas untuk brosur. Ukuran gramasi yang biasa digunakan adalah 100g, 120gr dan 150gr.
  • Art Karton, kertas ini hampir mirip sepert art paper, hanya saja gramasinya lebih tebal. Kertas ini biasanya digunakan untuk bahan cetak kartu nama, brosur, catalog dan lainnya yang membutuhkan kertas yang lebih tebal. Ukuran gramasi yang biasa digunakan adalah 190g, 210gr , 230gr , 260gr , 310gr dan 360gr.
  • Duplex (coated), kertas ini sangat mudah dibedakan dengan kertas lainnya karena memiliki memiliki sisi bagian depan berwarna putih dan belakang berwarna abu – abu. Kertas ini biasanya dibuat untuk box karena harganya lebih murah dibandingkan dengan kertas lainnya. Ukuran gramasi yang biasa dipakai adalah 250gr , 270gr , 310gr, 350gr dan 400gr.
  • CWb /duplex putih, kertas ini hampir sama seperti duplex, yang membedakannya adalah bagian dalamnya yang berwarna putih dan bersih. Kertas ini biasanya digunakan untuk box makanan. Ukuran gramasi yang biasa dipakai adalah 230gr, 250gr dan 300gr.

Jenis Kertas Bag 2

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0