Jenis Kartu Kredit

Kartu Kredit merupakan sebuah alat pembayaran yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Kartu kredit kini sudah dapat dengan mudah didapatkan, cukup dengan pengajuan ke lembaga atau bank penyedia kartu kredit maka kartu kredit akan segera diproses. Namun apakah kita mengetahui bahwa kartu kredit memiliki banyak jenis, seperti Visa dan Master Card ( penyelenggara kartu kredit ). Dan dari kedua jenis kartu kredit tersebut memiliki beberapa tingkatan atau tipe kartu.

jenis kartu kreditBerikut ini jenis kartu kredit yang beredar dipasaran.

  • Visa / Mastercard Classic : Ini adalah jenis kartu kredit paling standar dan memiliki limit paling kecil sekitar Rp. 5 jt dan untuk mendapat kartu ini harus memiliki gaji diatas UMR hingga 50 juta per tahun.
  • Visa / Mastercard Gold : Jenis kartu kredit ini memiliki limit sekitar 50-100 juta ( tergantung dari jumlah gaji ). Untuk mendapatkan jenis kartu ini minimal memiliki gaji perbulan sekitar 5-25 juta. Kartu kredit Gold memiliki tambahan fitur seperti diskon spesial dari beberapa merchat yang bekerja sama.
  • Visa / Mastercard Platinum : Kartu kredit ini memiliki limit mulai dari 75 juta hingga unlimited dan tentu saja untuk mendapatkannya minimal gaji yang harus dimiliki diatas 25 juta keatas. Banyak fasilitas yang didapatkan dari jenis kartu ini, salah satunya fasilitas airport lounge.
  • Visa Signature : Jenis kartu ini termasuk kelas eksklusif, dimana tidak diperuntukkan untuk karyawan atau pegawai. Biasanya kartu kredit ini dimiliki oleh pengusaha atau profesional tertentu. Limit kartu kredit ini dimulai dari 100 juta keatas hingga unlimited. Fasilitas yang dimiliki kartu ini diantaranya airport lounge, travel assist, Golf membership, special travel dan sebagainya.
  • Visa Infinite : Jenis kartu kredit ini tidak ditawarkan untuk umum, hanya ditawarkan kepada pemilik deposito minimal 100rb USD atau Rp. 1 milyar atau juga sebagai nasabah premium dari suatu bank yang mengeluarkan kartu kredit tersebut. Untuk limit kartu kredit minimal Rp. 250jt sampai unlimited. Fasilitas yang didapatkan sangat banyak mulai dari asuransi perjalanan, travel assist, special priority pass di airport, membooking jet pribadi.
  • Mastercard World : Jenis kartu kredit ini hampir setingkat dengan Visa Infinite, dengan minimal penggunaan sebesar Rp. 75 jt per tahun atau akan ada biaya yang lumayan cukup besar.

Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memiliki kartu kredit. Kemampuan dalam membayar tagihan haruslah sangat diperhatikan, tentunya kita tidak mau dikejar-kejar dept collector ( penagih hutang ) karena tidak mampu membanyar tagihan kartu kredit. Selama masih mampu untuk membayar tunai atau menggunakan kartu debet ( ATM ) mengapa harus menggunakan kartu kredit.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0