Jenis – Jenis Cloud Storage

Bagi sebagian besar masyarakat mungkin masih merasa asing dengan teknologi Cloud. Teknologi Cloud Indonesia ini sendiri sebenarnya mulai banyak digunakan tidak hanya oleh perusahaan saja, tetapi juga oleh personal. Salah satunya yaitu teknologi Cloud Storage yang digunakan untuk menyimpan berbagai data kedalam suatu wadah yang sering disebut dengan server.

Jenis Cloud storageKetika kita menyimpan data dengan menggunakan flashdisk atau CD, kita akan memiliki keterbatasan kapasitas. Selain itu, jika kita sedang bepergian dan lupa membawa CD atau flashdisk tempat kita menyimpan data, tentu saja ini akan menjadi masalah. Hal ini tidak akan terjadi jika data yang kita miliki tersimpan dalam Cloud Storage. Seluruh data yang tersimpan dalam cloud storage akan dapat diakses kapanpun dan dimanapun kita berada, hanya saja karena teknologi ini bekerja dengan jaringan internet, maka data dapat diakses selama kita terhubung dengan jaringan internet. Jika kita akan menuju lokasi yang tidak memiliki atau sulit untuk akses internet, maka penyimpanan data dengan teknologi ini akan tidak efektif.

Jika dilihat berdasarkan penggunaannya, penyimpanan data dalam cloud storage ini dapat dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu:

  • Personal Cloud Storage

Jenis storage ini biasanya digunakan oleh seseorang secara personal untuk back up data-data yang dimilikinya. Beberapa smartphone bahkan telah menambahkan aplikasi cloud ini untuk mempermudah penggunanya ketika ingin melakukan back up terhadap datanya. Data yang sering di back up yaitu foto, video, lagu,dokumen dan berbagai data lain yang dianggap penting.

  • Public Cloud Storage

Jenis storage ini sering digunakan oleh perusahaan yang memiliki jenis data tidak terstruktur. Perusahaan menyewa cloud storage dari provider cloud dan untuk mengelola seluruh data yang dimiliki perusahaan.

  • Private Cloud Storage

Jenis ini umumnya digunakan oleh perusahaan yang menginginkan fasilitas keamanan serta kecepatan lebih dibanding jenis cloud storage yang lain. Pada storage ini, provider akan membentuk sebuah infrastruktur dalam pusat data perusahaan, dan keduanya akan berintegrasi didalamnya.

  • Hybrid Cloud Storage

Merupakan gabungan antara public dan private. Data akan terbagi 2, yaitu data yang dianggap penting akan tersimpan dalam private cloud storage dan data lainnya di simpan dalam public cloud storage. (Yv)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0