Jangan Lupakan Hal ini Sebelum Memilih Cloud Storage

Cloud computing atau komputasi awan merupakan hal yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Kemudahan untuk menyimpan data dengan fitur sync antarperangkat membuat Anda bisa mengakses data penting di mana saja dan kapan saja. Beragamnya cloud provider Indonesia sekarang ini pun membuat Anda bebas menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan Anda. Di samping itu, Anda juga harus memperhatikan kriteria berikut ini:

  1. Cloud StorageJika Anda ingin menggunakan cloud storage yang berbayar, coba cek harganya. Harga yang ditawarkan setiap cloud storage tentunya berbeda-beda. Sebab setiap layanan memiliki fitur berbeda-beda yang akan ditawarkan kepada Anda. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu mengecek harga yang ditawarkan dan juga fitur yang bisa Anda dapatkan. Penting juga untuk melihat kredibilitas dari penyedia layanan penyimpanan data tersebut untuk melihat sepak terjangnya.
  2. Perhatikan pula tingkat keamanannya. Komputasi awan merupakan layanan penyimpanan yang tersinkronisasi dengan menggunakan jaringan internet. Oleh sebab itu, layanan ini sebetulnya tidak terlalu aman untuk menyimpan data penting sebab masih memiliki kemungkinan untuk diretas dan ditembus oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Untuk itu, jika Anda ingin menggunakan cloud storage untuk kebutuhan perusahaan, pilih layanan komputasi awan yang tingkat keamanannya tinggi dan juga menyediakan fitur enkripsi.
  3. Kemudahan akses di perangkat apa saja. Sekarang ini, layanan komputasi awan biasanya menyediakan kemudahan yang memungkinkan Anda untuk mengakses data Anda melalui perangkat apa saja mulai dari laptop, tablet, hingga ponsel Anda. Namun demikian, kenyataannya tidak semua cloud storage menjanjikan kemudahan ini. Masih ada beberapa layanan komputasi awan yang hanya tersedia untuk perangkat tertentu. Nah, ketika Anda memutuskan untuk memilih cloud storage, jangan lupa untuk memasukan kriteria ini ke dalam daftar penilaian Anda ya!
  4. Kemampuan untuk mengakses secara kelompok. Ada kalanya Anda harus me-review sebuah data dan dokumen secara berkelompok. Untuk itu, agar lebih mudah Anda bisa meng-upload-nya ke dalam cloud storage agar anggota kelompok lain bisa ikut mengaksesnya. Coba cek kembali apakah cloud storage pilihan Anda memenuhi fitur ini atau tidak.

Lebih memahami teknologi cloud juga dapat membantu kita memilih cloud provider yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. (Tr)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0