Jangan Lakukan Ini Pada Pemanas Air

Menggunakan Pemanas Air atau Water Heater (WH) sudah menjadi pilihan banyak masyarakat, khususnya di daerah dengan tingkat aktifitas yang tinggi atau daerah dengan suhu yang cukup rendah. Mandi menggunakan air hangat memang sangat bermanfaat, karena dapat merelaksasi otot yang tegang setelah beraktifitas selama seharian dan juga menenangkan pikiran. Dengan menggunakan alat ini, kita akan mendapatkan keuntungan yaitu air panas yang selalu tersedia untuk keperluan kita mandi kapanpun kita butuhkan. Untuk beberapa jenis WH memang membutuhkan waktu untuk proses pemanasannya, karena proses pemanasan akan berlangsung saat alat dinyalakan. Namun ini bukanlah masalah besar karena waktu tunggu hingga air panas siap digunakan umumnya hanya berlangsung beberapa menit.

pemanas airNamun banyak orang yang hanya menggunakan alat ini tanpa memperhatikan apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan pada pemanas air, yang pada akhirnya membuat alat ini tidak bekerja normal atau bahkan berbahaya. Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan pada WH:

  • Tidak Menggunakan Penyaring Air

Air yang masuk ke dalam tabung pada alat ini haruslah air yang bersih dari segala kotoran, termasuk partikel-partikel kecil. Karena air yang mengandung partikel, akan dapat menyumbat saluran air sehingga alat ini tidak akan dapat bekerja dengan sempurna.

  • Memasang Sendiri Instalasi

Pemasangan Pemanas Air sebaiknya dilakukan oleh orang yang berpengalaman, karena jika dilakukan oleh orang awam selain bisa menyebabkan alat ini tidak dapat bekerja maksimal tetapi juga dapat berbahaya, khususnya untuk WH dengan sumber Gas dan Listrik. WH jenis Gas yang tidak terpasang dengan sempurna dapat menyebabkan kebocoran, dan akan sangat berbahaya. Sementara WH listrik dapat berakibat pada konsleting listrik.

  • Tidak Pernah Melakukan Perawatan

Hal inilah yang sering dilupakan oleh pengguna WH, mereka terlalu asik menggunakan alat ini hingga lupa bahwa alat ini juga membutuhkan perawatan. Perawatan ini antara lain yaitu melakukan pembersihan dan pengecekan pada beberapa bagian.

  • Mengabaikan Tanda Kerusakan

Terkadang penguna WH mengabaikan beberapa tanda kerusakan yang ditunjukkan oleh alat ini, misalnya suara mesin yang tidak normal, proses pemanasan yang lebih lama dan berbagai tanda lainnya. Mereka baru akan melakukan pengecekan jika alat ini sudah tidak dapat bekerja. (Yv)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0