Jadi Maba? Siapa Takut!

Ketika masuk periode penerimaan mahasiswa baru (MABA) dimulai, pihak  kampus tentu akan mempersiapkan semua kebutuhan karena pastinya akan sangat ramai. Salah satu persiapan yang dibutuhkan adalah id card untuk mahasiswa baru. Untuk bisa mencetak banyak kartu mahasiswa baru, terkadang kampus juga bekerja sama dengan toko yang  jual printer id card untuk menambah mesin printer id card sehingga proses pencetakan kartu mahasiswa menjadi lebih cepat.

mahasiswa baruPersiapan dalam penerimaan mahasiswa baru ini tidak hanya kampus, namun setiap mahasiswa baru juga harus loh mempersiapkan diri. Persiapannya sih lebih ke mental karena harus mampu beradaptasi ke lingkungan baru dan juga sistem pendidikan yang akan berubah secara drastis berbeda pada ketika masa SMA. Karena, dunia perkuliahan tidak selalu berjalan mulus dan kamu perlu tahu tips and trick berikut ini untuk menghadapinya.

  1. Pandai Bagi Waktu

Meskipun jadwal kuliah tidak sepadat jadwal ketika kamu sekolah dulu, namun tugas-tugas kuliah akan lebih banyak sehingga menuntut kamu untuk lebih bijak membagai waktu. Jangan sampai stress karena dikejar deadline. Sisakan waktu kamu setiap hari untuk belajar atau mengerjakan tugas meskipun hanya sebentar.

  1. Jangan Jadi Kupu-Kupu

Istilah kupu-kupu ini ditujukan khusus buat mahasiswa yang kerjaannya KUliah PUlang – KUliah Pulang. Nah, jangan sampai kamu termasuk salah satu orang yang mendapat sebutan ini ya! Karena seberapapun introvert atau malasnya kamu bersosialisasi dengan teman-teman kuliah, kamu harus tetap terlibat dalam kehidupan kuliah dengan menjalani kewajiban-kewajiban kamu di luar tugas kuliah seperti mengikuti rapat angkatan misalnya.

  1. Ikut Organisasi atau Komunitas

Mengikuti organisasi di kampus akan lebih mudah jika kamu dulunya sempat mengikuti OSIS di sekolah. Mengapa mengikuti organisasi atau komunitas ini penting? Karena selain mengejar nilai A, kamu juga perlu memperluas network atau pergaulan kamu untuk mengembangkan diri.

  1. Dekat dengan Senior

Eits! Jangan salah sangka ya, dekat dengan senior yang dimaksud disini bukannya menggebet senior lawan jenis yang kece, tetapi menjalin pertemanan dan sering berkumpul bareng senior. Percaya atau tidak, senior sudah lebih berpengalaman hidup di dunia perkuliahan sehingga mereka dapat membantu saat kamu kesulitan baik dalam hal akademik dan lainnya.

Selamat Berjuang! (Rima)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0