Inilah Gejala Penyakit Diabetes yang Jarang Diketahui

Jumlah penderita diabetes di Indonesia semakin meningkat dari hari kehari. Tercatat bahwa di tahun 2014 jumlah penderita diabetes bertambah sebanyak 500 ribu orang. Kenaikan yang signifikan ini membuat Indonesia menduduki peringkat kelima sebagai negara dengan penderita diabetes terbanyak di dunia.

cek diabetesDiabetes seringkali tidak disadari oleh para penderitanya. Gejala penyakit diabetes yang kerap diabaikan membuat penyakit ini tidak terdeteksi sedini mungkin. Selain gejala umum seperti mudah lelah, sering haus, dan sering buang air kecil, beberapa jenis gejala penyakit diabetes yang jarang diketahui ini juga patut Anda kenali dengan seksama.

Gigi yang Rusak

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health and Dental Medicine, orang yang mengalami kehilangan gigi ternyata berisiko lebih besar terkena diabetes dibandingkan orang yang giginya lengkap. Peningkatannya bahkan bisa mencapai persentase 14  hingga 29 persen. Sementara penyakit di sekitar gigi (periodontal) juga menjadi komplikasi dari penyakit diabetes.

Ukuran Payudara yang Besar

Gejala penyakit diabetes yang satu ini memang unik. Penelitian yang diterbitkan oleh Canadian Medical Association Journal menyatakan bahwa wanita yang menggunakan bra dengan ukuran D atau lebih di usia 20 tahun berisiko 5 kali lebih besar mengalami diabetes di masa depan. Karena, ukuran payudara juga erat kaitannya dengan indeks massa tubuh dan pola hidup yang kurang sehat.

Rambut Rontok

Penderita diabetes akan mengalami penebalan dinding pembuluh darah arteri di seluruh tubuh. Hal ini menyebabkan asupan oksigen keseluruh organ tubuh menjadi berkurang, termasuk kebagian kulit dan rambut.Kulit akan mengalami penebalan dan rambut pun jadi mudah rontok karena kekurangan oksigen.

Warna Alis yang Tetap Hitam

Memiliki rambut yang hitam memang menjadi suatu kebanggaan. Namun, biasanya rambut akan mulai berangsur-angsur memutih ketika usia bertambah. Ketika rambut mulai beruban namun alis tetap hitam, Anda patut mewaspadainya. Sebab, ternyata diabetes bisa menghambat proses memutihnya alis.

Kemampuan Mendengar yang Menurun

Jangan menyepelekan penurunan kemampuan pendengaran yang sedang Anda alami. Karena, nyatanya gangguan mendengar juga erat kaitannya dengan diabetes. Orang yang menderita diabetes berisiko 1 hingga 2 kali lebih besar mengalami gangguan pendengaran. Jadi selain berkonsultasi kedokter THT, jangan lupa untuk mengecek kadar gula darah Anda.

Bila Anda sudah memahami gejala umum maupun gejalak husus yang jarang terjadi pada diabetes, pasti Anda akan lebih waspada dalam mencegah penyakit yang satu ini. Pastikan kalau kesehatan Anda selalu prima dan terhindar dari intaian penyakit diabetes.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0