Ini Dia Cara Memilih Batik Couple yang Tepat

Sekarang ini dipasaran sedang begitu banyak beredar baju batik untuk pasangan atau yang lebih sering disebut dengan batik couple. Batik ini merupakan batik yang dijual di dalam bentuk berpasangan dan sengaja digunakan untuk pasangan suami istri atau pun mereka yang masih berpacaran. Batik kembar ini memiliki kesamaan baik corak atau pun warnanya, dan ia sering dijadikan sebagai dress code oleh banyak pasangan saat mereka menghadiri sebuah acara resmi atau hari besar. Karena, baju ini jarang digunakan, sangat disarankan untuk Anda memilih baju yang paling tepat. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat memilih baju.

batik-couplePertama, selalu diskusikan bersama dengan pasangan. Seperti yang kita ketahui, setiap orang memiliki selera yang berbeda. Lebih baik sebelum Anda memutuskan untuk membeli salah satu busana batik pastikan Anda melakukan diskusi bersama dengan pasangan. Hal-hal yang harus Anda diskusikan seperti jenis kain yang akan dikombinasikan dengan batik, corak yang sesuai hingga pemilihan baju. Apakah Anda akan membeli kain kemudian menaruhnya di penjahit, atau kah Anda akan membeli baju yang sudah siap pakai.

Tips memilih batik couple yang kedua ialah, tentukan tujuan dari pemakaian batik. Jika Anda sudah melakukan diskusi bersama dengan pasangan, Anda harus menentukan apa tujuan menggunakan batik tersebut. Jangan salah, lebih baik Anda mendiskusikan hal ini di rumah, karena nantinya saat Anda di pasar ada berbagai macam model batik yang akan membuat Anda bingung mana model yang harus Anda beli. Jika Anda ingin menggunakan batik di acara santai, atau yang tidak terlalu terkesan formal, Anda dapat memilih kain katun. Namun, jika Anda ingin menggunakan batik untuk acara resmi, lebih baik Anda memilih kain sutera yang berkualitas.

Ketiga, selalu perhatikan warna kain atau baju yang akan Anda beli. Selalu perhatikan warna atau pun kain dari batik tersebut. Dalam melakukan pemilihan warna kain, kita harus lebih peka dengan menyesuaikan warna batik dan kulit. Jika Anda memiliki kulit yang putih, sudah pasti tidak akan ada masalah yang mengganjal, namun jika Anda memiliki kulit yang gelap, lebih baik Anda coba menempelkan baju di kulit Anda.

Keempat, selalu perhatikan motif batik. Motif batik begitu beraneka ragam, tergantung daerah yang memproduksi motif tersebut, motif dari Jogja tentu saja berbeda dengan motif dari Solo, oleh sebab itu Ana harus lebih teliti dan jeli ketika membeli salah satu motif. Sebenarnya, dari daerah manapun motif yang Anda kenakan tidak menjadi masalah, asalkan motif tersebut serasi dengan tubuh Anda. Jika Anda memiliki tubuh yang subur atau gendut, lebih baik Anda menghindari motif yang berukuran besar karena akan memperlihatkan ukuran tubuh Anda menjadi semakin besar. Jika memiliki tubuh yang besar, pilih motif sederhana yang berukuran kecil.

Terakhir, ketika Anda akan membeli batik couple, perhatikan model batiknya. Untuk pria biasanya model lebih banyak kemeja, namun untuk wanita modelnya sangat beragam ada model dress, ada model blouse bahkan ada model dress panjang. Anda bisa menyesuaikan model tersebut dengan acara yang nantinya akan Anda datangi. Jika Anda mendatangi acara kasual, model seperti blouse bisa Anda jadikan pilihan. Bila bingung memilih model, Anda bisa melengkapi koleksi Anda dengan seluruh model tersebut, sehingga Anda tidak perlu bingung saat ingin menyesuaikan acara.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0