Ibu Hamil Dengan Kondisi Ini Patut Waspada

Semua orangtua pasti ingin anaknya selalu sehat hingga kapanpun. Bahkan terkadang orangtua masih tetap mengingatkan anak untuk menjaga pola hidup sehat sebagai cara mencegah penyakit jantung dan berbagai penyakit lainnya, meskipun anak sudah dewasa. Hal ini adalah bentuk kasih sayang orangtua yang tidak akan pernah hilang sampai kapanpun.

ibu hamilNamun hal yang berbeda akan dialami oleh orangtua yang memiliki anak dengan penyakit jantung bawaan (PJB). Tidak ada lagi yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk mencegahnya, karena penyakit tersebut sudah ada dalam tubuh anaknya. Hanya ada satu hal yang bisa dilakukan orangtua saat ini, yaitu memberikan pengobatan yang terbaik untuk sang anak.

PJB memang bukan penyakit yang mudah untuk dicegah karena sebagian besar penyebabnya tidak diketahui. Namun, ada beberapa kondisi kehamilan yang lebih beresiko melahirkan anak dengan PJB sehinggan membutuhkan perhatian khusus, yaitu:

  • Ibu berusia 35 tahun ke atas

Semakin bertambah usia seorang wanita, maka akan semakin beresiko saat hamil. Khusunya pada seorang wanita yang berusia di atas 35 tahun. Pada kondisi ini, besar kemungkinan Anda akan menderita beberapa penyakit saat hamil, yaitu diabetes dan tekanan darah tinggi. Kondisi ini tentunya akan berpengaruh pada keshatan janin.

  • Ibu dengan penyakit diabetes

Jika Anda adalah penderita diabetes dan saat ini sedang hamil, maka Anda harus benar-benar waspada terhadap kadar gula dalam darah. Anda harus menjaga kadar gula agar tetap stabil selama kehamilan karena kadar gula yang terlalu tinggi dapat menyebabkan janin mengalami masalah.

  • Ibu dengan daya tahan tubuh lemah

Ibu dengan daya tahan tubuh yang lemah cenderung rentang terserang berbagai virus, seperti TORCH (toksoplasma, rubela, cytomegalovirus/CMV dan herpes simplex). Biasanya dokter akan menganalisan bagaimana ketahanan tubuh Anda dan menyarankan Anda untuk melakukan imunisasi untuk mencegah serangan virus tersebut.

  • Ibu yang mengonsumsi obat-obatan

Jika Anda mengonsumsi satu atau lebih obat-obatan secara rutin karena masalah kesehatan, maka sebaiknya Anda lebih waspada terhadap kesehatan janin. Sebab konsumsi obat-obatan selama masa kehamilan dapat menyebabkan PJB pada bayi yang berada dalam kandungan. Untuk itulah, pada kondisi ini Anda harus sering berkonsultasi pada dokter yang menangani kehamilan Anda untuk memastikan janin tetap aman. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0