Hilangnya Koin Big Maple Leaf di Bode Museum Jerman

Ada-ada saja ide seorang pencuri untuk membobol masuk ke dalam sebuah bangunan. Lihat saja cara-cara mereka untuk masuk ke dalam rumah mewah di jajaran properti Indonesia terbaik. Atau ketika mereka masuk ke dalam toko untuk menyikat habis seluruh isinya. Akan tetapi, pernah terbayang tidak sih bahwa pencuri ini berhasil masuk ke dalam sebuah museum? Tahu sendiri dong kalau museum tersebut memiliki penjagaan yang sangat ketat?

koin emas Big Maple LeafYa, beberapa hari lalu, seorang pencuri berhasil menerobos masuk ke dalam Bode Museum, Jerman, di waktu subuh dan mencuri sebuah benda berharga dari sana. Menurut informasi resmi yang beredar, sebuah koin emas dengan berat sekitar 100 kilogram berhasil dicuri. Nilai tukar dari koin tersebut mencapai jutaan dollar menurut kepolisian setempat.

Juru bicara dari pihak kepolisian, Stefen Petersen menyatakan bahwa pencuri masuk melalui jendela sekitar pukul 3:30 pagi. Mereka kemudian membobol kabinet berisi koin “Big Maple Leaf” dan langsung melarikan diri sebelum polisi datang karena sirine yang berbunyi. Sebuah tangga yang diperkirakan digunakan sebagai alat bantu untuk masuk ke dalam museum ditemukan di sekitar jalur kereta yang berada tak jauh dari museum.

Koin yang dikenal dengan nama “Big Maple Leaf” ini memiliki ketebalan tiga centimeter (1.18 inch) dengan diameter 53 centimeter (20.9 inch), dan bernilai sekitar 1 juta dollar Kanada. Dari segi beratnya, harga koin ini di pasaran bisa mencapai 4,5 juta dollar.

Pihak kepolisian belum memberikan komentar apakah mereka menemukan hal yang aneh di kamera CCTV atau tidak. Namun, mereka memastikan bahwa ada lebih dari satu orang yang terlibat dalam pencurian ini mengingat berat koin yang di luar batas kewajaran. Tidak mungkin seseorang bisa membawanya tanpa bantuan orang lain.

Berdasarkan informasi dari Bode Museum, koin ini masuk ke dalam daftar Guinness Book of Records untuk kemurnian emasnya yang berada dalam angka 999.99/1000. Bagian permukaan koinnya bergambar Queen Elizabeth II dan daun maple di permukaan satunya. Koin ini diproduksi dalam jumlah terbatas oleh Royal Canadian Mint untuk mempromosikan koin dengan daun maple di tahun 2007. Koin ini hanya dipamerkan di Bode Museum, Berlin’s Museum Island, sejak Desember 2010.

Juru bicara Bode Museum, Markus Farr, mengatakan bahwa koin tersebut merupakan pinjaman untuk koleksi pribadi dan tidak berkata lebih lanjut tentang kasus pencurian ini. Hmm, semoga saja benda berharga ini bisa cepat ditemukan ya!

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0