Hati-hati Pilih Oli Motor Matic

Bagi pengendara motor, memahami mesin yang digunakan pada motornya merupakan hal yang wajib. Perawatan yang salah atau asal-asalan dapat memicu kerusakan lebih cepat, jangan lakukan tindakan ini pada motor matic Anda jika Anda masih sayang padanya. Ingat!! beda motor, beda mesin, tentu beda juga perawatan dan kebutuhannya. Misalnya saja pada motor matic yang memerlukan perawatan berbeda dengan motor bebek atau motor lainnya. Salah satu jenis perawatan pada mesin matic yang harus diperhatikan adalah penggunaan pelumas atau oli motor matic. Pemilihan jenis oli yang tepat tentunya sangatlah penting untuk menjaga agar mesin motor tetap awet.

oli motor maticSering kali seseorang tidak menyadari bahwa mereka telah memilih jenis oli yang salah untuk digunakan pada motor mereka. Salah dalam memilih jenis oli untuk mesin matic bisa berakibat pada munculnya masalah bahkan menyebakan kerusakan pada mesin. Perfoma dari mesin juga akan terganggu secara menyeluruh. Kesalahan seperti inilah yang menjadikan orang-orang sering kecewa dengan performa oli pada mesin motornya. Untuk menghindari hal ini, pemilik motor dapat melilhat sertifikasi dari oli yang pada produk. Sertfikasi ini juga yang dapat menjadi indikator apakah oli tersebut cocok atau tidak untuk motor matic.

Konsultasi untuk mendapatkan oli motor matic

Ketika hendak mengganti oli dan membeli oli motor bermesin matic, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan montir atau mereka yang memang ahli di bidangnya. Ini untuk menghindari kesalahan dalam memilih oli yang sering terjadi. Mengingta, oli untuk motor dengan mesin matic tersebut memiliki variasi yang amat beragam. Oli motor matic keluaran pabrik yang berbeda ini pun memiliki efek yang berbeda terhadap performa mesin. Setiap varian ini hadir untuk memenuhi kebutuhan setiap motor yang berbeda-beda.

Ada kalanya para pemilik motor mempertimbangkan untuk menggunakan oli mobil pada kendaraan mereka sebagai alternatif. Alasannya adalah mereka menganggap bahwa oli mobil memiliki kemiripan zat dan kandungan dengan oli dari motor matic. Padahal, hal ini akan menganggu kondisi dari mesin motor bila dilakukan secara terus-menerus justru. Karena itulah, sangat disarankan untuk menggunakan oli motor yang memang khusus untuk motor matic untuk performa mesin yang lebih baik dan aman.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0