Hal Penting Sebelum Memilih Asuransi Jiwa

Untuk kita yang pertama kali ingin memilih Asuransi Jiwa mungkin akan sedikit kebingungan dengan istilah-istilah dan kebijakan yang ada pada asuransi jiwa. Tapi jangan khawatir dengan mempelajari sedikit tentang asuransi jiwa, kita akan mudah untuk memahaminya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih asuransi jiwa.

Asuransi jiwa

Apakah Butuh Asuransi Jiwa

Jangan membeli polis asuransi hanya karena seseorang merekomendasikannya. Banyak iklan tentang asuransi jiwa yang dapat membuat kita menjadi khawatir dan harus membeli polis asuransi jiwa, karena tidak semua orang membutuhkan asuransi jiwa.

Tujuan dari asuransi jiwa adalah memberikan perlindungan finansial / keuangan bagi orang yang menjadi tanggungan kita. Bila kita tidak memliki tanggungan maka asuransi jiwa dirasa tidak diperlukan. Bila kita memiliki tanggungan atau keluarga yang harus dinafkahi dan berpikir untuk melindungi mereka disaat kita ( pemberi nafkah ) maka asuransi jiwa dapat menjadi pilihan yang baik.

Ketahui Jenis asuransi jiwa

Pada dasarnya ada Tiga jenis asuransi jiwa, yaitu Asuransi berjangka, Asuransi seumur hidup dan Asuransi Dwiguna.

  • Asuransi berjangka atau Term Life.

Merupakan asuransi jiwa berjangka waktu yang telah ditentukan. Apabila masa kontrak asuransi telah berakhir tetapi tidak terjadi klaim, maka jumlah yang telah disetorkan tidak dapat dikembalikan. Jumlah premi yang dibayarkan lebih kecil, tetapi dengan uang pertanggunagn yang besar.

  • Asuransi seumur hidup atau Whole life.

Adalah asuransi jiwa yang menjamin pemiliknya hingga umur 99 tahun atau seumur hidup. Harga premi asuransi ini lebih mahal dari asuransi berjangka. Ada manfaat lain dari asuransi ini yaitu dapat dijadikan agunan pinjaman dan ada bonus dividen. Ketika kontrak asuransi telah habis, ada sejumlah uang yang dapat dikembalikan.

  • Asuransi Dwiguna atau Endowment.

Adalah asuransi berjangka yang berfungsi sebagai tabungan. Untuk nilai premi asuransi paling mahal diantara Asuransi berjangka dan Asuransi seumur hidup. Asuransi ini memiliki nilai tunai, dan dana dapat dikeluarkan pada jangka waktu yang telah ditentukan sebelum masa kontrak asuransi habis.

Dari ketiga jenis asuransi jiwa tersebut kita diharuskan dapat mengetahui untuk memilih jenis yang mana.

Ketahui Kebutuhan Asuransi

Pahami dan ketahui kebutuhan yang dibutuhkan oleh orang yang kita tanggung. Ketahui kebutuhan mereka sampai masa tertentu, hal ini dapat membantu kita untuk memilih dan membeli jenis asuransi jiwa dengan uang pertanggungan ( UP ) yang dapat mencukupi kebutuhan mereka.

Share on Facebook1Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0