Hal Penting Mengenai Asuransi Pensiun

Sudah mulai banyak masyarakat yang menyadari pentingnya menggunakan asuransi. Beberapa asuransi yang paling umum digunakan oleh masyarakat yaitu asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi harta benda, dan asuransi jiwa. Masih banyak yang belum menyadari bahwa selain asuransi diatas, masih ada satu jenis asuransi lagi yang sangat bermanfaat, yaitu asuransi pensiun. Asuransi ini sangat bermanfaat disaat seseorang sudah memasuki masa pensiun, yaitu usia antar 55 tahun sampai 60 tahun.

memilih asuransi pensiunKetika seseorang memasuki masa pensiun, maka pemasukan yang didapatkan akan menurun secara drastis dibanding saat masih bekerja, sementara uang yang harus dikeluarkan mungkin akan bernilai sama atau hanya sedikit lebih kecil dari biasanya. Jika perencanaan masa pensiun secara finansial tidak dipersiapkan sejak awal, maka akan dapat berakibat buruk bagi orang tersebut akibat kehilangan sumber pemasukan. Manfaat menentukan tujuan dana asuransi pensiun agar seseorang tidak dipusingkan akibat masalah finansial saat masa pensiun, ada baiknya jika menggunakan Asuransi Dana Pensiun sejak dini, karena semakin awal memulai maka semakin besar juga jumlah manfaat yang bisa didapatkan saat masa pensiun nanti. Ketika ingin mendaftar sebagai nasabah, ada baiknya jika memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Jumlah Pertanggungan

Jumlah pertanggungan yang akan didapatkan saat masa pensiun ini biasanya berkaitan dengan jumlah premi yang dibayarkan dan waktu jatuh tempo yang dipilih oleh nasabah. Semakin besar jumlah premi yang dibayarkan maka akan semakin besar pula jumlah pertanggungan yang didapatkan oleh nasabah.

  • Manfaat yang didapatkan

Manfaat apa saja yang akan didapatkan oleh nasabah adalah hal penting yang harus diketahui. Beberapa asuransi pensiun memberikan juga manfaat asuransi jiwa dan asuransi kesehatan bagi nasabahnya. Pastikan mendapat keterangan sejelas-jelasnya mengenai manfaat yang didapat.

  • Waktu Jatuh Tempo

Sejak kapan asuransi dimulai hingga batas waktu berakhirnya asuransi ini harus diketahui dengan jelas oleh nasabah.

  • Berbagai Persyaratan

Persyaratan ini mencakup apa saja persyaratan yang harus terpenuhi jika ingin melakukan klaim, atau aturan lain yang mengatur tentang keanggotaan, misalkan kenapa keanggotaan bisa dibatalkan, syarat jika ingin menghentikan keanggotaan dan berbagai hal lainnya. (Yv)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0