Hak Siar Liga Inggris 2013/2014 di Indonesia

Bagi bola mania pasti tidak akan melewati panas dan kerasnya persaingan team – team sepak bola kesayangannya di Liga Inggris atau yang biasa disebut Barclays Premier League ( BPL ). Namun kita sering mendapatkan kendala dalam menyaksikan siaran liga Inggris ini karena terkendala hak siar. Tidak semua channel TV memiliki hak siar liga Inggris ini. Bahkan kini TV Berlangganan juga sudah mulai memegang hak siar liga yang paling terpanas didunia ini.

Barclays Premier League 2013-2014

Pada liga Inggris musim 2012 / 2013 hak siaran dimiliki oleh MNC group yang disiarkan melalui dua stasiun TV lokal MNC TV dan Global TV sedangkan untuk TV berbayarnya disiarkan oleh Indovision, Okevision dan TopTV. Namun kini kepemilikan hak siar liga Inggris 2013/2014 di Indonesia telah berpindah tangan ke PT. Elang Mahkota Teknologi ( EMTEK Group ). EMTEK Group menggunakan tiga stasiun TV untuk menyiarkan liga Inggris yaitu SCTV, Indosiar dan Nexmedia.

Untuk TV lokal / teresterial liga Inggris disiarkan oleh SCTV dan Indosiar sedangkan untuk TV berbayar disiarkan oleh Nexmedia. Stasiun televisi SCTV dan Indosiar memegang hak siar untuk 76 pertandingan semusim dengan 2 ( dua ) pertandingan perminggunya, itupun hanya pertandingan yang sifatnya menengah. Sedangkan untuk pertandingan terlengkap dan tentunya terdapat banyak BIG Match team – team besar seperti Manchester United, Cheelse, Liperpool, Manchester City, Totenham Hotspur dan lain – lainya hanya bisa ditonton melalui stasiun TV berbayar Nexmedia.

Nexmedia sendiri mendapatkan hak siar liga Inggris dengan paket Platinum dengan menyiarkan 380 pertandingan live dalam satu musim. Kabarnya Nexmedia akan memegang hak siar selama 3 tahun / musim kedepan yaitu 2013/2014, 2014/2015, 2015/2016 dengan biaya 90 juta USD. Selain nexmedia TV berbayar lainnya yang menyiarkan ligaInggris adalah Orange TV dan First Media.

Sepertinya sekarang untuk menikmati pertandingan bigmatch kini membutuhkan biaya menontonnya. Para liga Inggris mania sepertinya kini harus mulai menggunakan TV berbayar untuk tetap menonton tim kesayangan bertanding.

Share on Facebook3Share on Google+5Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0