Gaji Selalu Habis? Terapkan ini Setiap Bulan

Memiliki perencanaan dana yang baik merupakan impian semua orang. Apalagi jika setiap bulannya Anda masih bisa menyisakan dana untuk bersenang-senang. Pengeluaran terjaga, hutang-hutang terbayar, dan Anda masih bisa memanjakan diri. Terdengar menyenangkan, bukan?

uang gaji selalu habisNamun demikian, yang sering terjadi pada sebagian orang justru sebaliknya. Gaji selalu habis tidak jelas ke mana perginya, dan bahkan hutang-hutang Anda belum terbayar. Apalagi bagi yang berniat untuk berinvestasi melalui asuransi investasi, menjadi sulit untuk dapat terlaksana. Bagaimana bisa terlaksana, memenuhi kebutuhan saat ini saja sudah cukup sulit, apalagi untuk investasi masa depan.

Anda berjanji untuk memperbaiki alur keuangan Anda di bulan depan, tapi yang terjadi malah sebaliknya. Siklus keuangan Anda kembali berulang, hutang-hutang semakin menumpuk, dan Anda semakin pusing karena gaji Anda terus menerus habis. Jika permasalahan ini adalah kondisi yang selalu Anda lalui setiap bulannya, mungkin ada yang salah dengan pengaturan keuangan Anda. Bulan depan, ketika Anda mendapatkan gaji, cobalah lakukan step by step berikut ini untuk memperbaiki kondisi keuangan Anda.

  1. Sisihkan 10-30% dari jumlah gaji untuk ditabung. Jangan menunggu sisa gaji untuk ditabung karena yang terjadi justru sebaliknya. Tabunglah uang Anda setelah mendapat gaji. Jika Anda tidak ingin mengutak-atik tabungan ini, bukalah rekening baru di bank untuk menyimpan uang-uang tersebut. Bahkan, ada yang menyarankan untuk mempunyai 3 rekening bank: bank pertama untuk menyimpan uang tabungan, bank kedua untuk menyimpan dana yang akan dibayarkan untuk investasi, dan bank ketiga untuk dana kehidupan sehari-hari serta refreshing.
  2. Selain menabung, ada baiknya pula Anda sudah memikirkan untuk investasi jangka panjang. Sisakan gaji Anda untuk mendaftar reksadana, deposito, atau bahkan asuransi investasi. Anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi ke depannya, jadi sebaiknya persiapkan diri dari sekarang. Konsistenlah dalam mempersiapkan dana investasi ini, dan sebaiknya sisihkan dana investasi ini pada awal saat menerima gaji.
  3. Hitung pengeluaran wajib setiap bulannya seperti uang makan, transportasi, pulsa, dan pengeluaran untuk tempat tinggal. Simpan uang tersebut dalam sebuah amplop terpisah sehingga dana ini tidak akan diutak-atik. Dana ini akan menjamin kehidupan Anda selama satu bulan ke depan, jadi jangan gunakan untuk hal-hal yang akan Anda sesali nantinya.
  4. Bayarkan hutang-hutang Anda tepat waktu. Jangan menunda untuk membayarkan hutang karena Anda justru akan semakin tersiksa. Jumlah semakin tinggi karena bunga dan Anda akan semakin kesulitan untuk melunasinya.
  5. Jika masih ada sisa dari nominal gaji Anda, jangan lupa sisihkan untuk beramal. (Tr)
Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0