Film Indonesia Untuk Dunia

Film adalah salah satu sumber hiburan yang masih banyak digemari masyarakat Indonesia. Setiap akhir minggu, hampir semua bioskop di berbagai daerah dipenuhi oleh pengunjung yang berniat untuk menonton film. Walaupun hari kerja, beberapa bioskop tidak pernah terlihat sepi. Karena, anak-anak sekolah yang sedang libur atau pekerja kantor yang mengisi jam istirahat kerap memilih bioskop sebagai alternatif pengisi waktu. Bahkan, setiap kali ada film-film blockbuster Hollywood yang tayang, antrian dapat mengular sangat panjang hingga terkadang sampai ada antrian di luar bioskop. Tetapi, bukan hanya Hollywood yang memiliki dominasi atas layar bioskop di Indonesia, film-film lokal juga sekarang sudah dianggap sebagai tuan rumah di negeri sendiri. Setiap minggunya, film box office Indonesia dapat dilihat mengisi banyak layar di bioskop seluruh Indonesia.

film indonesiaWalaupun beberapa tahun lalu fim Indonesia identik dengan film horor yang seakan-akan tak ada habisnya, film Indonesia yang mengisi layar lebar bioskop di seluruh negeri sekarang sangat bervariasi. Penikmat film lokal dimanjakan dengan berbagai genre yang ditawarkan oleh industri film Indonesia, mulai dari drama, komedi, horor, thriller, dan bahkan action. Film Indonesia juga mulai dilirik dunia internasional, dengan partisipasi film Indonesia dalam festival film internasional dan berbagai penghargaan yang berhasil mereka raih di acara tersebut. Adaptasi buku, baik modern maupun klasik, dan film biografi juga menjadi tren tersendiri dengan suksesnya film Ayat-Ayat Cinta serta Habibie & Ainun di pasaran.

Sebagai tuan rumah di negara sendiri, besar harapan masyarakat agar industri film Indonesia dapat terus berkembang dan semakin meningkatkan kualitas film yang diproduksinya, hingga dapat bersaing di dunia internasional seperti yang telah dilakukan film-film India, Thailand, Tiongkok, dan Jepang. Negara-negara tersebut telah memiliki industri film yang didistribusikan ke negara lain, dan Indonesia memiliki potensial untuk dapat sejajar dengan mereka. Oleh karena itu, penting untuk para penikmat film di Indonesia untuk mendukung perkembangan film lokal dengan tetap menonton film Indonesia dan terus memberi masukan untuk meningkatkan kualitas film Indonesia ke depannya. (Dana)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0