Fakta Menarik Tentang Lego

Sebagai salah satu penyedia mainan terbesar di dunia, nama Lego memang sudah tidak asing lagi. Sebab siapa sih yang tidak pernah mendengar lego? Mainan ini bahkan tidak hanya dirilis dalam bentuk tiga dimensi saja, tetapi juga sudah dibuat dalam bentuk video games dan aplikasi permainan di ponsel. Tidak hanya itu, popularitasnya pun semakin melonjak ketika mainan ini diangkat ke layar lebar dan sudah dirilis pula di channel tv kabel beberapa waktu belakangan.

mainan-legoHanya saja, banyak fakta menarik tentang lego yang belum diketahui oleh publik, lho. Beberapa hal tersebut di antaranya adalah:

  1. Lego merupakan gabungan dari dua kata yakni “Legt” dan “Godt” yang berarti “Play well”. Awalnya, lego diberi nama “Automatic Binding Bricks” sebelum akhirnya berubah menjadi seperti sekarang. Mainan ini dibuat pertama kali di tahun 1934 tepatnya di Billund, Denmark. Jika dihitung, usia Lego sudah mencapai angka 84, lho.
  2. Ole Kirk Christiansen, penemu lego, adalah seorang tukang kayu. Dulu, di tahun 1934, bisnis kayu sedang tidak bagus karena masyarakat enggan membeli perabotan rumah terutama yang dibuat dari kayu karena mahal. Ole pun banting setir menjadi seorang pembuat mainan untuk bertahan hidup. Latar belakangnya sebagai seorang tukang kayu membuatnya menciptakan lego yang harus disusun sedemikian rupa untuk membangun sesuatu.
  3. Meski sudah rilis dari beberapa puluh tahun yang lalu, penjualannya tetap tinggi setiap detik. Minat masyarakat terhadap mainan ini tampaknya tidak pernah surut. Terbukti bahwa Lego tetap menarik banyak pembeli meski sudah dikenal sejak tahun 1934. Menjelang hari besar seperti Natal dan Tahun Baru, penjualan lego bisa mencapai 28 set setiap detiknya.
  4. Nathan Sawaya dan Sean Kenney merupakan seniman yang direkrut khusus oleh Lego. Nathan Sawata merupakan seorang seniman kreatif yang bisa menghasilkan sesuatu dari bahan apa pun. Ia mulai ditarik secara ekslusif oleh Lego ketika berhasil membuat sebuah mahakarya hanya dengan menggunakan Lego. Lain lagi ceritanya untuk Sean Kenney, seorang seniman patung. Sean direkrut oleh Kenney karena kecintaannya yang luar biasa pada mainan ini.
  5. Lego termahal di dunia dibanderol dengan harga 14 juta dollar. Dengan ukuran yang sama persis dengan lego pada umumnya, lego spesial yang terbuat dari emas 14 karat ini dihargai 14 juta dollar! Beratnya 25.65 gram dan disimpan di dalam kotak beledu yang mewah. Dulunya, lego ini tidak diperjualbelikan dan secara khusus diberikan pada karyawan Lego terbaik. Hanya saja, sekarang kamu bisa membeli lego ini via online jika uang bukan masalah untukmu.

Wih, ternyata lego memiliki banyak informasi menarik yang banyak belum diketahui publik, ya! Kalau kamu sendiri, punya info apa yang bisa di-share untuk para pecinta lego lainnya.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0