Dapur Bersih Awal Keluarga Sehat

Dapur adalah tempat favorit bagi para ibu rumah tangga dalam mengisi kesehariannya. Dapur menjadi tempat yang penting karena sebagai tempat untuk memasak dan membuat makanan. Oleh karena itu kebersihan dapur harus terus dijaga dapat menciptakan masakan yang enak dan tentu saja higienis. Dapur terutama pada Dapur Minimalis sangat penting penting menjaga kebersihan dan sehatnya, karena pada dapur minimalis menggunakan tempat yang kecil dimana banyak kegiatan yang dilakukan pada tempat yang sama.

dapur bersih dan sehatKebersihan dan kesehatan dapur sangatlah penting untuk kesehatan keluarga, karena makanan yang dikonsumsi berasal dan diolah dari dapur. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk membuat dapur tetap bersih dan sehat. Berikut beberapa tips untuk membuat dapur bersih dan sehat.

Segera bersihkan Peralatan Dapur dan perlengkapan memasak setelah selesai memasak. Hal ini sangat penting untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan kuman pada sisa masakan yang tersisa. Dan dengan membersihkan akan membuat peralatan dan perlengkapan memasak menjadi lebih awet.

Buang sampah dapur setiap hari. Sampah dapur merupakan sampah yang berasal dari sisa bahan masakan dan sisa makanan yang merupakan sarang dari berbagai kuman dan bakteri.

Kelembapan dan cahaya matahari. Banyak sumber penyakit seperti kecoa, tikus, kuman, bakteri yang menyukai tempat-tempat lembab, oleh karena itu dibutuhkan sinar matahari yang cukup untuk mencegah ruangan menjadi lembab.

Gunakan material dapur yang mudah dibersihkan, terutama untuk bagian dekat tempat memasak. Materi bahan seperti keramik dapat digunakan untuk lantai dan dinding, hal ini akan memudahkan kita untuk membersihkan dari kotoran atau percikan minyak pada saat memasak.

Pentingnya sirkulasi udara untuk mencegah dapur menjadi bau dan pengap. Usahakan dapur memiliki jendela atau ventilasi yang cukup besar untuk sirkulasi udara yang berfungsi untuk membuang udara kotor sisa proses pembakaran. Untuk dapur modern, dapat menggunakan cooker hood yang dipasang diatas tempat memasak yang berfungsi untuk menghisap udara kotor sisa hasil memasak.

Dapur bersih dan sehat merupakan salah satu awal membangun keluarga yang sehat. Kini untuk membuat keluarga sehat dapat dimulai dari rumah. semoga artikel informasi tentang dapur bersih ini dapat bermanfaat. -db-

Share on Facebook1Share on Google+2Pin on Pinterest1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0