Dampak Makan Sambil Menonton TV Pada Anak

Hampir setiap anak pasti suka menonton TV. Apalagi, jika dirumahnya menggunakan TV Kabel untuk memenuhi kebutuhan hiburannya. Dengan memasang TV Kabel, maka ragam acara yang dapat disaksikan sang anakpun akan semakin bervariatif. Ditambah lagi, adanya channel khusus bagi anak membuat anak semakin betah di depan TV. Meskipun sedang melakukan berbagai aktivitas lainnya, namun anak akan merasa lebih senang melakukannya di depan TV sambil menyaksikan acara kesayangannya.

makan sambil menontonSalah satu aktivitas yang paling sering dilakukan sambil menonton TV adalah makan. Hal ini merupakan kebiasaan yang umum dilakukan, namun sebenarnya berdampak buruk pada anak. Khususnya, pada anak usia antara 1 hingga 5 tahun. Ketika seorang anak makan sambil menonton tv, maka asupan yang masuk ke dalam tubuh anak menjadi tidak terkontrol. Pada beberapa kasus, anak menjadi makan dalam jumlah dan membuat anak menjadi obesitas. Sementara, pada kasus lainnya anak terlalu terfokus pada acara yang sedang disaksikannya sehingga membuatnya lupa untuk memakan makanan yang ada di hadapannya. Bahkan, seringkali anak sudah merasa kenyang sebelum menghabiskan makanannya. Hal ini tentu saja dapat berdampak buruk bagi kesehatan anak, karena anak membutuhkan banyak vitamin dan nutrisi lain untuk mencukupi perkembangannya.

Selain itu, Anak dalam usia 1 hingga 2 tahun, masih belajar untuk mengenal berbagai jenis makanan yang dikonsumsinya. Menonton TV saat makan, akan membuat anak tidak peduli pada jenis makanan yang dimakannya. Anak hanya akan terfokus pada acara yang ditontonnya, dan tidak tertarik untuk mempelajari jenis makanan apa saja yang dikonsumsinya serta manfaat dari makanan tersebut.

Pada anak yang sudah mulai makan sendiri, hal ini justru dapat berdampak lebih serius lagi. Pada saat anak mengambil makanan dari piring dan memasukkanya ke mulut, matanya akan tetap terfokus pada acara di TV. Anak tidak akan menyadari, seandainya terdapat sesuatu pada makanan yang terdapat dalam piringnya yang dapat berbahaya bagi kesehatannya. Untuk itulah, sangat penting bagi orang tua untuk membatasi kegiatan menonton anak, khususnya pada saat anak sedang makan. (Yv)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0