Dagangan Laris Manis di E-Commerce? Bisa Banget!

Berjualan secara online merupakan peluang usaha yang cukup tinggi. Pasalnya, banyak sekali masyarakat yang senang belanja online akhir-akhir ini. Apalagi jika kita memiliki toko online yang kita garap sendiri. Keuntungan cukup besar, tidak perlu sewa toko, dan transaksi bisa kita lakukan kapan pun dan di mana pun. Nah, sayangnya persaingan di dunia e-commerce sangat ketat dan sulit untuk ditembus. Namun, bukan berarti kita tidak bisa melakukannya lho. Berikut ini adalah tips yang bisa kita terapkan jika ingin dagangan kita laris manis di dunia e-commerce. Simak, yuk!

  1. BlanjaVisualisasi yang menarik. Sudah bukan mejadi rahasia umum lagi bahwa mata kita akan secara refleks menangkap hal-hal yang menarik bagi kita. Membuka toko online di mana para pembeli tidak bisa menyentuh dan memegang benda-benda yang kita jual membuat kita harus lebih jeli lagi dalam menarik perhatian calon pembeli. Salah satu caranya adalah dengan membuat visualiasi yang menarik. Dalam hal ini, yang bisa kita gunakan adalah dengan menampilkan foto produk yang menarik, unik, dan tentunya berkualitas. Jangan malas untuk menghasilkan foto produk yang high-resolution sehingga pembeli tertarik untuk meng-klik-nya dan melihat produk yang kita jual.
  2. Deskripsi produk yang jelas. Selain visualisasi, hal lain yang harus kita perhatikan adalah deskripsi produk. Banyak penjual yang masih memandang deskripsi produk dengan sebelah mata. Hal ini muncul karena banyak penjual yang belum memahami bahwa deskripsi produk sangat dibutuhkan bagi calon pembeli untuk ‘menilai’ apakah barang yang akan mereka beli sesuai dengan kebutuhan mereka atau tidak. Oleh sebab itu, selalu lengkapi produk yang kita jual dengan deskripsi yang jelas dan tidak bertele-tele. Jika produk yang kita jual adalah barang second atau preloved, jelaskan kondisi barang itu dengan sejelas-jelasnya agar pembeli tidak merasa tertipu nantinya. Ingat, menjadi penjual yang jujur akan menaikan nilai kita juga di mata pembeli J
  3. Harga bersaing. Poin ini adalah poin yang cukup krusial dan berbeda-beda bagi setiap penjual. Ada penjual yang ingin meraup untung sebesar-besarnya sehingga harga jual yang mereka tetapkan juga besar, dan ada pula penjual yang hanya mengambil untung sedikit agar dagangannya laris manis. Hal ini kembali lagi kepada diri penjual masing-masing. Namun, yang patut kita perhatikan adalah setiap orang senang dengan harga yang miring dan juga diskon. Jika kita ingin toko online kita diserbu pembeli setiap harinya, maka jangan sungkan-sungkan untuk memasang harga bersaing demi menarik minat para pembeli. Kita juga bisa membuat promo-promo dengan menawarkan diskon atau free ongkos kirim agar pembeli juga semakin tertarik untuk berbelanja di toko kita.
  4. Pelayanan yang ramah dan sabar. Saat memutuskan untuk membeli produk di toko kita, pembeli akan berhubungan langsung dengan customer service yang akan memproses pesanan mereka. Selalu pastikan bahwa CS yang bertugas selalu ramah dan sabar dalam melayani mereka. Buatlah pembeli merasa kerasan ketika berbelanja di toko kita. Pelayanan yang baik akan membuat pembeli akan senang berbelanja di toko kita. Jangan lupa juga untuk menerapkan pengiriman cepat agar pembeli tidak perlu menunggu terlalu lama.

Itu dia tips-nya. Jangan lupa untuk menerapkannya, ya! Selamat berjualan!

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0