Ciri Khas Masakan Indonesia

Tidak bisa disangkal lagi bahwa kuliner Indonesia adalah salah satu makanan paling lezat di dunia. Banyak wisatawan asing yang kemudian menjadi tergila-gila dengan makanan yang disajikan oleh bangsa ini. Variasinya sangat beragam dan cita rasanya yang tinggi menggugah lidah para penikmat kuliner dunia. Memang makanan Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing yang bahkan tidak dimiliki oleh berbagai makanan asing lainnya.

masakan indonesiaHal pertama yang membedakan makanan Indonesia dengan makanan lainnya dari luar negeri adalah bumbunya yang kaya dan rempah yang digunakan dalam memasak. Dengan demikian maka makanan yang ada pun memiliki rasa yang sangat kaya dengan rempah-rempah. Selain itu teknik memasak yang digunakan untuk menyajikan makanan kita juga cenderung lebih rumit dan memerlukan keahlian tinggi. Hal ini berbeda sekali dengan makanan dari luar lainnya yang cenderung hanya tidak atau kurang berbumbu jika dibandingkan makanan kita dan proses penyajiannya juga jauh lebih mudah.

Selanjutnya kuliner Indonesia juga memiliki variasi yang cukup banyak. Misalnya untuk satu menu soto saja variasinya sangat beragam dan rasanya juga cenderung berbeda karena adanya bumbu tertentu yang ditambahkan atau dikurangi dalam membuatnya. Kemudian bahan makanan yang digunakan pun juga banyak sekali variannya. Dan tentu saja seringkali santan dan rempah juga menjadi pembeda utama makanan luar dengan makanan yang kita miliki.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0