Cara Terbaik Mengajak Anak TK untuk Belajar

“Ayo udahan dulu mainnya, waktunya belajar”. Cobalah katakan itu pada anak TK yang sedang asik bermain. Hmm,,, pasti mereka akan merasa kesal karena kegiatan bermain mereka diganggu. Bahkan, walaupun pelajaran yang akan dipelajarinya adalah pelajaran kesukaannya sekalipun, misalnya belajar bahasa Inggris anak Tk, tetap saja mereka akan kesal.

anak kecil belajarLalu, bagaimana ya mengajak anak pada usia TK supaya mau belajar? Nih, beberapa tips nya.

  • Buat suasana menyenangkan

Anak kecil akan merasa tertekan jika diminta untuk belajar dalam suasana yang terlalu serius. Buatlah suasana belajar lebih menyenangkan dan biarkan anak belajar dengan caranya sendiri. Misalnya, jika anak senang belajar bahasa Inggris sambil bermain boneka (untuk anak perempuan), maka biarkan saja. Mintalah anak mengobrol dengan boneka sambil bermain dengan menggunakan bahasa Inggris. Hal ini bermanfaat untuk membantu anak lebih percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris. Sementara, jika Anda sedang mengajarkan anak pelajaran berhitung, Anda bisa memanfaatkan barang kesukaannya. Misalnya, manfaatkanlah permen. Sediakanlah beberapa bungkus permen. Ketika Anda ingin mengajarkan pertambahan 2+2, maka keluarkan 2 bungkus permen, taruh di sisi kanan dan keluarkan 2 bungkus permen taruh di sisi kiri. Kemudian minta anak menghitung jumlah permen yang Anda keluarkan.

  • Belajar bersama

Jangan pernah mengabaikan anak ketika sedang belajar. Selalu dampingi anak, dan bimbinglah anak selama proses belajarnya. Matikan tv, letakkan gadget dan fokuslah untuk mengajarkan anak Anda. Ketika Anda mendampingi proses belajarnya sambil bermain gadget, maka anak pasti akan menjadi tidak bersemangat dalam belajar. Namun, ketika Anda menemaninya tanpa melakukan apapun dan membantunya selama proses belajar, maka anak akan lebih semangat.

Mengajak anak belajar saat usia TK memang bukan hal yang mudah. Anak bisa memberontak jika terlalu dipaksakan, namun anak bisa menjadi tidak disiplin dan terlalu santai jika terlalu dibiarkan bebas. Karena itulah, salah satu hal penting untuk mengatasi masalah ini yaitu tumbuhkan motivasi anak untuk belajar, sehingga keinginan belajar itu akan datang dari dalam dirinya sendiri. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0