Cara Mudah Membuat Kue Donat Kentang

Resep donat pada umumnya terdiri dari dua macam. Donat yang menggunakan kentang dan yang hanya berbahan dasar tepung terigu. Perbedaan dari kedua donat ini adalah pada tingkat keempukannya, selain itu, donat kentang biasanya lebih berminyak dibandingkan donat yang tidak memakai kentang.

resep donat kentangDalam artikel ini, anda bisa mendapatkan resep donat kentang yang mudah untuk dipraktekkan di rumah. Anda cukup menyediakan 500 gram tepung terigu dengan protein tinggi, 200 gram kentang, 50 gram susu bubuk, 100 gram gula pasir, 11 gram ragi instan, 1/2 sendok garam, 75 gram mentega, dan 2 butir telur yang sudah dikocok lepas.

Untuk membuatnya, pertama-tama adalah kukus kentang yang sudah dipotong-potong. Kemudian, tanpa tambahan air, gunakan blender untuk menghaluskan kentang. Selagi anda menunggu kentang tersebut dingin, campurkan tepung terigu, susu bubuk, ragi instan, dan gula pasir. Lalu aduk sampai merata.

Setelah merata, masukkan kentang dan telur yang sudah dikocok. Kurang lebih sampai 10 menit, uleni adonan tersebut hingga rata dan agak kalis. Lanjutkan dengan memasukkan mentega dan garam lalu uleni kembali adonan tersebut sekitar 10-15 menit, hingga kalis. Jika adonan terlalu basah, taburkan tepung ke dalamnya, sedikit demi sedikit.

Setelah kalis, bentuk adonan menjadi bola dan letakkan pada mangkuk yang sudah diolesi minyak. Tunggu hingga 1 jam, kemudian kempiskan adonan dan buatlah beberapa bulatan dari adonan tersebut sampai permukaannya mulus. Lalu diamkan adonan tersebut pada tempat yang sudah ditaburi tepung selama sekitar 30 menit. Lanjutkan dengan mencetaknya dengan cetakan donat.

Setelah dicetak, donat siap digoreng. Sebagai penutupnya, ada bisa memberikan topping sesuka anda dan menikmati kue bulat tersebut dengan secangkir kopi atau teh. Sangat mudah bukan?

Share on Facebook1Share on Google+1Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0