Cara Mudah Ganti Popok Si Kecil

Cara Mudah Ganti Popok Si KecilAnda maupun keluarga biasanya akan mulai merasa cemas dan lebih intensif menghitung usia kehamilan ketika hampir memasuki masa persalinan. Meskipun Anda sudah mencari informasi bagaimana tanda-tanda yang ditunjukkan saat memasuki masa persalinan atau melakukan senam hamil untuk membantu proses persalinan, kenyataannya Anda tetap saja merasa cemas. Hal ini wajar, karena setelah berbulan-bulan mengandung tentunya Anda ingin bayi yang selama ini Anda jaga dapat lahir dengan selamat.

Setelah proses persalinan berjalan dengan lancar, kini saatnya Anda menikmati status baru sebagai ibu. Nah, ketika Anda harus mengganti popok si anak untuk pertama kalinya, mungkin Anda akan merasa bingung sebab bayi Anda terlihat begitu rapuh dan Anda takut menyakitinya secara tidak sengaja. Untuk itu, cobalah untuk mengikuti langkah-langkah di bawah ini sebelum Anda mengganti popok si kecil.

  • Siapkan alat-alat untuk membersihkan kotoran anak seperti kain basah, bedak, dan juga popok bersih. Letakan di dekat Anda sehingga Anda mudah menjangkaunya. Hal ini patut dilakukan karena Anda harus menjaga dan memegangi si bayi sehingga jika alat-alat membersihkannya diletakan jauh dari Anda, Anda akan sulit untuk meraihnya.
  • Letakan anak di atas kasur dengan posisi telentang. Posisi tidur ini akan membuat Anda dengan mudah mengganti popok anak tanpa perlu repot. Jangan lupa untuk meletakkan alas bersih untuk melapisi kasur agar kotor anak tidak tercecer ke mana-mana.
  • Bersihkan kotoran anak yang menempel di kulitnya dengan menggunakan kain basah. Alih-alih menggunakan tisu basah, pilihlah untuk menggunakan kain sebab bahan-bahan kimia dan pengharum yang berada di tisu bisa membuat kulit anak iritasi. Bersihkan dengan perlahan hingga tidak ada kotoran yang menempel.
  • Singkirkan popok yang sudah kotor dan letakkan di wadah yang menampung popok-popok kotor lainnya. Biasakan untuk mencuci popok setiap hari agar Anda tidak kekurangan stok popok. Ditambah lagi, popok yang terlalu lama didiamkan bisa menjadi sarang penyakit dan juga jamur untuk bersarang di dalamnya.
  • Bubuhi bedak pada kulit Anda untuk mengurangi risiko iritasi. Karena terlalu sering buang air, kulit anak akan sering terasa lembap dan juga basah. Untuk itu, agar tidak lecet dan menimbulkan ketidaknyamanan pada anak, bubuhi bedak bayi yang lembut pada kulit anak. Setelah itu, barulah Anda memakaikan popok bersih pada anak. (Tr)
Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0