Cara Mudah Cegah Sakit Flu

Kamu sering menderita penyakit flu? Dan sudah melakukan banyak cara mengobati flu, namun sayangnya sakit flu ini masih tetap saja awet mengalir di hidungmu? Maka, kamu harus mengikuti beberapa tips berikut ini. Memang, saat sakit flu ini sudah menyerang tubuh, biasanya dapat mengakibatkan terganggunya aktivitas. Bahkan, malah bisa menyebabkan kamu terpaksa harus meninggalkan rutinitas yang biasa dijalani karena flu tidak kunjung sembuh.

mencegah fluOleh sebab itu, supaya sakit flu ini tidak mengganggu aktivitasmu, yuks cari tahu bagaimana cara mencegah penyakit flu. Simak langsung, deh!

  1. Selalu mencuci tangan. Mungkin, tidak sedikit dari kita yang menganggap sepele aturan untuk mencuci tangan ini. Namun, nyatanya selalu mencuci tangan menggunakan sabun, ternyata dapat mencegah semakin parahnya flu yang diderita. Lantaran, tangan yang bersih bisa menghindari semakin bertumbuhnya kuman maupun bakteri yang bisa menyebabkan flu. Caranya? Cukup dengan mencuci tangan sebelum makan, setelah memakai toilet, sekaligus ketika mandi. Kegiatan ini terbukti bisa mengurangi risiko makin berkembangnya bakteri maupun kuman penyebab flu ataupun penyakit.
  2. Menjauhi asap rokok. Jika kamu sedang mengalami flu, sebisa mungkin jauhi asap yang dihasilkan oleh rokok. Sebab, menghirup asap rokok dapat mengakibatkan bulu halus di hidung menjadi kering. Padahal, bulu halus tersebut bertugas untuk menghalau semua virus ataupun kuman yang masuk ke tubuh. Bahkan, menurut medis, asap rokok yang masuk ke hidung, bisa memberhentikan fungsi kerja bulu hidung. Untuk itu, pada saat kamu terserang sakit flu, ada baiknya menghindari asap rokok.
  3. Olahraga yang teratur. Olahraga secara teratur, ternyata dapat pula mencegahnya flu yang menyerang tubuh. Namun, olahraga yang dianjurkan untuk pencegahan sakit flu ini adalah senam aerobik. Apabila senam aerobik ini dilakukan dengan benar, maka bisa mengoptimalkan detak jantung. Hal yang seperti ini tentu memberikan khasiat yang positif untuk tubuh, sebab mampu meningkat berbagai sel yang biasanya bertugas untuk membunuh kuman sekaligus bakteri yang menyerang tubuh. Akan tetapi, jika malas melakukan senam aerobik, bisa diganti dengan olahraga bersepeda yang memiliki manfaat sama.
  4. Hindari stres berat. Stres yang acapkali menyerang pikiran pun bisa membuat flu bertambah parah. Lantaran, stres dapat mengakibatkan semakin menurunnya sistem kekebalan tubuh, sehingga mempercepat proses berkembangnya kuman dan bakteri di tubuh. Untuk itu, ketika kamu sedang flu, maka sebaiknya hindari stres berat.

Itu sedikit ulasan mengenai cara pencegahan sakit flu yang biasa menyerang tubuh. Semoga memberikan banyak manfaat! –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0