Cara Mudah Beli Tiket Kereta Shinkansen di Jepang

Jepang merupakan salah satu negara maju dan berkembang yang banyak dipilih tidak hanya untuk berlibur namun juga untuk bisnis atau keperluan yang lainnya. Berbeda dengan di Indonesia, Jepang merupakan negara yang memiliki tingkat disiplin yang tinggi, tidak hanya orangnya namun juga alat transportasi yang dipergunakan misalnya menggunakan kereta. Ada beberapa jenis kereta di Jepang dan Shinkansen atau kereta cepat adalah salah satu kereta yang ingin dicoba. Cara beli tiket kereta tersebut bagi wisatawan yang baru pertama kali datang ke Jepang akan terasa membingungkan karena hanya bisa dibeli di tempat tertentu.

Kereta ShinkansenShinkansen atau kereta cepat atau bullet train ini memiliki harga tiket yang termahal. Kereta yang hanya berhenti di stasiun besar saja ini hanya butuh waktu kurang lebih 2-3 jam untuk perjalanan dari Osaka ke Tokyo. Ada beberapa hal yang membuat harga tiket dari kereta cepat di Jepang ini lebih mahal dan salah satunya adalah pemilihan tempat duduk. Jika Anda memilih tempat duduk saat Anda membeli tiket untuk kereta api tersebut maka Anda harus membayar lebih mahal jika dibandingkan Anda membeli tiket dengan bebas tempat duduk. Selain itu, harga akan lebih mahal jika jarak tempuh atau tempat tujuan juga semakin mahal.

Jika di Indonesia agar bisa mendapatkan tiket kereta api bisa lewat situs belanja online namun untuk beli tiket kereta Shinkansen, ada beberapa tempat yang sudah ditentukan. Tiket untuk naik kereta cepat ini bisa dibeli atau dipesan di loket midori madoguchi dan mesin penjual yang ada di stasiun tertentu. Sebelum membeli tiket tersebut, Anda harus menyiapkan beragam informasi misalnya mengenai stasiun awal keberangkatan, waktu keberangkatan dan tempat duduk yang diinginkan.

Jika memilih tempat duduk yang bereservasi atau sudah dipesan, disarankan untuk yang belum pernah menaiki shinkansen, Anda tidak perlu untuk mengantri membeli tiket karena pastinya Anda akan mendapatkan tempat duduk yang Anda inginkan, namun harga yang harus dibayar akan lebih mahal. Selain harga lebih mahal, kerugiannya adalah jika Anda ingin berganti tempat duduk, Anda harus melewati proses yang cukup merepotkan. Sedangkan jika memilih tempat duduk yang tidak bereservasi, selain harganya lebih murah, untuk pindah tempat duduk Anda tidak perlu mengikuti prosedur.

Untuk melakukan pemesanan tiket kereta Shinkansen ternyata Anda juga bisa melakukannya secara online ataupun juga melalui layanan hotel. Ada beberapa website yang memang bisa digunakan untuk pemesanan tiket kereta cepat tersebut. Akan tetapi, website tersebut beberapa diantaranya hanya menerima pemesanan tiket untuk kereta shinansen yang berangkat dari stasiun tertentu. Urutan pemesannya adalah dengan memilih kereta shinkansen yang akan Anda naiki kemudian memilih jenis tempat duduk dan posisi tempat duduk jika Anda reservasi serta jumlah penumpang. Nantinya, tiket bisa diperoleh di loket midori madoguchi.

Setelah Anda beli tiket kereta Shinkansesn di Jepang dan mendapatkan tiket dari loket yang sudah ditentukan di stasiun, pastikan jika Anda tidak salah masuk ke peron saat Anda menunggu kereta tersebut. Beberapa stasiun menyediakan pemeriksaan tiket yang dilengkapi dengan tempat transit untuk penumpang yang berganti kereta dari jenis kereta biasa ke shinkansen. Cara pemeriksaannya adalah dengan memasukkan tiket ke mesin pemeriksa tiket jika Anda memiliki tiket reservasi. Sedangkan jika Anda memiliki tiket tanpa reservasi tempat duduk maka Anda harus mengantri setelah Anda sampai di peron.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0