Cara Merawat Kemeja Batik Anda

Saat ini batik menjadi pakaian yang hampir dimiliki setiap orang, bukan hanya digemari oleh orang Indonesia, namun orang luar negeri pun banyak yang menyukai batik. Selain digandrungi para wanita, batik juga saat ini digemari oleh para pria dan banyak dijadikan busana pilihan untuk acara yang bersifat semi formal atau formal. Kemeja batik menjadi pilihan yang pas untuk mengadiri berbagai macam undangan. Untuk melengkapi koleksi pakaian batik di rumah, Anda bisa kunjungi langsung toko kemeja batik pria yang menyediakan berbagai macam model dan corak dari mulai corak klasik sampai modern. Untuk perawatan batik, biasanya toko akan memberikan keterangan dan penjelasan untuk jenis batik yang Anda beli.

kain batikAnda tentu ingin pakaian batik Anda tetap awet terawat. Berikut adalah beberapa cara umum bagaimana cara merawat kemeja batik Anda agar tidak mudah pudar dan terjaga baik.

  1. Mencuci batik tidak bisa sembarangan. Cucilah baju batik tersendiri, tidak disatukan dengan pakaian berwarna cerah. Hal ini untuk menghindari warna batik yang bisa melunturi pakaian lain. Usahakan mencuci batik secara manual agar serat-serat kain batik tetap terjaga. Pada saat merendam kemeja batik baiknya tidak direndam terlalu lama. Untuk noda pada batik, Anda bisa menggunakan sabun cuci khusus atau sabun cair dan kucek pada bagian yang terkena noda. Bilas sampai bersih. Pada saat mengeringkan, jemur batik dengan cara dibalik dan tidak langsung terkena terik matahari yang menyengat.
  2. Menyetrika pakaian batik pun bisa dengan cara pakaian dalam keadaan terbalik, untuk menjaga warna batik agar tidak mudah pudar.
  3. Gantung pakaian batik Anda di dalam lemari, untuk menghindari bau yang kurang sedap hindari kamper, Anda bisa mencoba dengan rempah seperti biji merica untuk menghindari jamur di dalam lemari pakaian Anda.

Untuk Anda yang gemar mengoleksi kain batik atau bagi Anda memiliki banyak pakaian batik, cara diatas tentu bisa dicoba agar batik Anda tahan lama.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0