Cara Mengolah Ekor Sapi Menjadi Sop Buntut Istimewa!

Menyajikan sop buntut untuk keluarga bisa dijadikan pilihan untuk menggugah selera makan lebih lahap di meja makan. Membuat sendiri olahan sup dari ekor sapi ini tentunya akan bisa menghemat keuangan ketimbang harus membeli di rumah makan. Rasa yang khas serta aroma rempah dalam semangkok sup daging bagian ekor sapi ini memang sangat jitu mmebuat air liur menetes.

resep sop buntutBahan utama dalam pembuatan sop ini ialah bagian ekor pada hewan mamalia, yakni sapi sehingga diperlukan ekor sapi yang berkualitas. Agar menjadikan olahan sup buntut sapi lebih lezat berikut panduan membuat sup yang istimewa:

1. Memilih bagian ekor sapi yang bagian tengah, sehingga ukurannya pas dan kualitas dagingnya yang paling baik.
2. Memotong ekor sapi jangan tebal-tebal, usahakan maksimal 2 cm yang seragam agar matang merata.
3. Buang lemak yang terdapat di dalam ekor sapi selama proses pembersihan usahakan menggunakan air mengalir.
4. Didihkan air terlebih dahulu baru ekor sapi dimasukkan, ambil air yang memutih akibat kandungan lemak agar rasa kaldu tidak eneg.

Lemak yang dimiliki jika tercampur dalam rebusan kaldu akan menjadikan rasa sup kehilangan gurihnya akibat terlalu berat dan aromanya kurang pas. Selain mempengaruhi rasa, lemak yang ada juga akan menjadikan kaldu keruh dan tampilannya kurang menggugah selera. Usahakan menggunakan daging sapi lokal, untuk menjadikan sop buntut sapi yang rendah kandungan lemaknya.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0