Cara Mengelompokan Sampah

Daur ulang sampah merupakan salah satu kegiatan untuk meningkatkan kebersihan dan kelestarian lingkungan. Dengan diadakannya gerakan tersebut tentu saja sampah yang pada awalnya sama sekali tidak berguna berubah menjadi barang yang memiliki nilai bahkan ada beberapa yang dihargai tinggi. Untuk melakukan kegiatan ini tentu saja anda harus terlebih dahulu melakukan beberapa gerakan guna mempermudah proses pendaur ulangannya.

pengelompokan sampahKegiatan yang akan saya bahas kali ini adalah dengan cara mengelompokan sampah sesuai dengan jenis-jenisnya. Seperti yang kita ketahui saat ini banyak sekali jenis sampah yang mudah berserakan di lingkungan masyarakat. Mulai dari sampah plastik, sampah daun-daun dari tumbuh-tumbuhan, sampah kertas dan masih banyak lagi jenis sampah lainnya. Untuk mengelompokannya agar tidak bingung anda bisa memuat 2 tempat yaitu khusus untuk sampah sisa tumbuhan dan satunya lagi untuk sampah lainnya.

Dengan mengelompokan sampah menjadi 2 bagian maka anda juga bisa memulai proses pendaur ulangannya tanpa harus memilah-milih kembali. Mulai dari jenis sampah yang pertama yaitu sampah yang berasal dari sisa-sisa tumbuhan yang berserakan. Sampah tersebut bisa anda buat menjadi beberapa produk yang berguna salah satunya adalah dijadikan pupuk. Dengan menimbunnya pada tanah yang ditanami tanaman maka tanaman yang anda tanam juga akan tumbuh dengan subur.

Berikutnya adalah daur ulang sampah pada sampah plastik yang umumnya harus melewati beberapa proses terlebih dahulu. Pada umumnya prosesnya dimulai dari melelehkan bahan plastik dari sampah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Setelah dilelehkan barulah bahan plastik tersebut bisa diolah kembali menjadi benda atau barang lainnya yang lebih berguna. Tentu saja bahan utamanya yaitu plastik namun terkadang ada yang menambahkan bahan lainnya untuk membuat tampilannya menjadi lebih cantik.

Share on Facebook1Share on Google+1Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0