Cara Mengaktifkan Undo Send di Gmail

Buat kamu yang suka pakai layanan email dari Gmail, sudah tahu belum kalau Gmail memiliki fitur baru berupa Undo Send yang memungkinkan kamu untuk menarik kembali pesan yang sudah dikirim? Kalau belum, coba yuk cek artikel ini dengan internet cepat milikmu!

undo pada gmailTanpa disadari, ketika mengirim email kita suka melakukan kesalahan yang baru diketahui setelah menekan tombol ‘send’. Entah itu salah menyebut nama penerima email, salah menulis pesan di body text, atau bahkan hanya sekadar typo. Nah, kamu tidak perlu panik nih kalau mengalami hal ini, karena dengan fitur Undo Send, kamu bisa lho membatalkan email yang sudah terlanjur terkirim itu. Caranya juga sangat mudah sekali, yakni kamu tinggal mengaktifkan fitur Undo Send pada opsi pengaturan. Begini cara mengaktifkannya:

  1. Buka akun Gmail kamu seperti biasa di laptop.
  2. Klik menu Settings atau Pengaturan. Menu ini berupa logo ikon berbentuk roda gigi di pojok kanan atas.
  3. Ketika kotak dialog terbuka, cari opsi Undo Send dan aktifkan dengan mengeklik bagian ‘Enable Undo Send’.
  4. Jika sudah, atur ‘Send Cancellation Period’ dengan menentukan berapa lama durasi pencegahan pengiriman. Kamu bisa memilih 5,10, 20, atau 30 detik sejak email dikirim.
  5. Simpan perubahan dengan mengeklik ‘Save Changes’.

Nah, dengan melakukan langkah-langkah di atas, itu artinya fitur Undo Send sudah diaktifkan. Jika pada suatu ketika kamu tak sengaja mengirim email yang salah atau tak seharusnya dikirim, kamu bisa menariknya kembali dengan Undo Send. Caranya adalah dengan melihat notifikasi di tengah atas sesaat setelah kamu mengirim email. Biasanya, akan muncul tulisan “Your message has been sent. Undo. View Message.”. Kamu bisa memilih opsi ‘Undo’ jika ingin menarik kembali email yang sudah dikirim. Akan tetapi, patut diingat bahwa email tersebut bisa ditarik jika masih berada di dalam waktu yang telah ditentukan (10, 20, atau 30 detik). Jika sudah melewati batas waktu, maka email tersebut akan dikirimkan tanpa bisa dicegah lagi.

Gimana, sangat membantu sekali ya fitur baru ini!

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0