Cara Menentukan Oli Samping Berkualitas

Saat Anda akan memilih oli samping untuk sepeda motor 2 tak Anda, sudah pasti Anda akan memilih oli samping terbaik dan berkualitas. Benar Bukan? Pada dasarnya semua oli samping itu bagus dan berkualitas, namun tergantung selera Anda yang membuat oli samping itu dinilai bagus atau jelek. Saat ini produk oli samping sudah banyak sekali macamnya, dan So pasti membuat Anda bingung memilih dan menentukan oli samping manakah yang berkualitas.

oli samping idemitsuNah, untuk Anda yang masih bingung memilih dan menentukan oli samping yang berkualitas. Berikut cara mudah menentukan oli samping berkualitas untuk sepeda motor 2 tak Anda:

  1. Standar Spesifikasi

Pada saat Anda akan menentukan oli samping untuk motor 2 tak Anda, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu standar spesifikasi dari oli motor Anda. Saat ini oli samping berkualitas yang banyak ditemukan yaitu API, JASO, ISO, dan SAE. API( American Petrolum Institute) API mengatur standar oli untuk mesin berbahan bensin 4 langkah, 2 langkah, dan mesin diesel.

JASO (Japanese Automobile Standards Organization mengatur mesin bensin 4 langkah dan mesin 2 langkah. ISO (International Standards Organization) mengatur oli dari berbagai mesin. SAE (society of Automotive Engineers) khusus mengatur viskositas atau tingkata kekentalan oli. Semakin besar angka indeksnya maka kental olinya.

  1. Spesifikasi Oli sesuai syarat dari pabrik

Langkah selanjutnya yang harus Anda perhatikan yaitu spesifikasi oli sesuai persyaratan dari pabrik. Hal ini wajib dilakukan, agar terhindar dari kerusakan atau apapun yang akan menimpa sepeda motor Anda. Anda tidak mau kan sepeda motor Anda rusak diakibatkan salah dalam memilih oli.

  1. Spesifikasi yang tertera di kemasan oli

Anda harus memperhatikan spesifikasi dari kemasan oli. Anda harus memeriksa dengan teliti terbuat dari apakah oli tersebut, apakah oli tersebut palsu atau tidak, apa manfaat yang diberikan oleh oli yang akan gunakan.

  1. Mencek bahan pembuatan Oli

Anda juga wajib mencek bahan pembuatan oli, yang ini sangat wajib sekali untuk dilakukan, supaya tidka terjadi kerusakan pada sepeda motor Anda nantinya. Biasanya bahan yang digunakan yaitu mineral, semi sintetik, dan sintetik.

  1. Sesuaikan dengan pemakaian sepeda motor

Anda harus menyesuaikan penggunaan oli dengan pemakaian motor Anda, maksudnya jika Anda menggunakan sepeda motor untuk kehidupan sehari-hari, sebaiknya tidak menggunakan oli racing karena kandungannya berbeda.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda jadika acuan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Salam –Sh–

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0