Cara Memijat Bayi Yang Tepat Supaya Tumbuh Kembangnya Pesat

Memijat buah hati bisa mendekatkan ibu dengan buah hati, namun tidak semua ibu melakukannya karena khawatir akan melakukan kesalahan. Supaya tidak keliru, baiknya Anda menengok cara memijat bayi yang benar.

Sebagaimana yang diketahui jika tubuh bayi masih sangat rentan. Dan ketika mendapatkan tekanan dari luar, bayi merasa tidak nyaman sehingga pemijatan biasanya dihentikan.

pijat kaki bayiTetapi bila Anda terlebih dahulu memilih area yang tepat, buah hati Anda akan merasa sangat nyaman. Dan area tersebut terletak pada bagian kaki.

Nah, sebelum Anda mencari tahu bagaimana teknik memijatnya, mari cari tahu terlebih dahulu tentang manfaat pijat bayi.

Manfaat Pijat Untuk Bayi

Pijatan hangat pada bayi akan memberi manfaat lebih bagi bayi itu sendiri. Salah satunya adalah memberikan efek rileks sehingga bayi bisa tidur dengan pulas.

Selain itu, manfaat lain yang tak kalah baik adalah memijat bisa bermanfaat untuk perkembangan fisik dan emosinya bayi.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan di fakultas kedokteran Miami tahun 1986, jika pemijatan yang dilakukan pada bayi prematur bermanfaat untuk pekembangan berat hampir 40 persen.

Dari sini jelas jika memijat bayi yang dilakukan setiap kali bermanfaat untuk mendorong bayi berkembang lebih cepat.

Cara Memijat Pada Bayi

Ketika Anda ingin melakukan pijatan pada bayi, hal pertama yang dilakukan adalah mempersiapkan seperti minyak. Tentunya minyak yang cocok dengan kulit bayi.

Setelah disiapkan, langkah selanjutnya adalah memilih area tubuh yang kurang sensitif. Tujuannya adalah agar bayi tidak bergerak kesana kemari ketika disentuh.

Dan area tersebut terletak pada bagian kaki yakni tungkai. Jadi, mulailah pemijatan dari bagian tungkai bayi.

Di sini, mulailah dengan menuangkan minyak pada telapak tangan. Dan mulailah untuk melakukan pijatan yang lembut pada bagian tersebut. Setelah itu, lanjutkan untuk memijat pada bagian punggung kaki, kemudian jari, dan telapak kakinya.

Jika area tersebut sudah dipijat, lanjutkan untuk memijat bagian lengan. Yakni dimulai dari bagian atas lengan sampai pergelangan. Kemudian putar secara lembut bagian pergelangan dan akhiri dengan pemijatan telapak tangan.

Setelah itu, barulah untuk berganti memijat pada area dada. Pemijatan ini harus dilakukan secara hati-hati. Yakni dengan meletakkan kedua tangan di bagian dada, kemudian pijat ke bagian luar dada beberapa kali.

Intinya, teknik pemijatan bayi ini mengedepankan pada kelembutan supaya bayi tidak merasa tersakiti.

Demikianlah cara memijat bayi yang bisa Anda lakukan sebagai sarana mendekatkan diri dengannya.

Share on Facebook4Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0