Cara Membuat Daging Bumbu Gula Asem

Salah satu masakan Indonesia yang paling terkenal adalah masakan rendang yang berasal dari kota Padang. Meskipun demikian kebetulan saya kurang menyukai rasa dari masakan tersebut karena rasa asin dan pedasnya cukup menonjol. Sedangkan saya sendiri lebih menyukai rasa masakan yang lebih menonjolkan rasa manis pedas atau asam manis karena kebetulan saya asli dari pulau Jawa. Seperti yang kita ketahui pada umumnya rasa masakan khas dari pulau Jawa kebanyakan berasa manis.

daging gula asem

pic: bango.co.id

Salah satu masakan khas Indonesia yang berasal dari pulau Jawa adalah tempe bacem yang memiliki rasa asam manis. Namun kali ini saya akan merubah bahan dasar tempenya dengan menggunakan daging sapi. Sehingga saya menamainya dengan masakan daging gula asem atau bisa diibaratkan sebagai rendang edisi manis asam. Untuk lebih mengenal masakan yang pernah saya buat ini saya akan memberikan informasi bagimana cara memasaknya.

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan bahan-bahannya berupa daging dan bumbu rempah-rempah. Bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe, cabe merah, asem jawa, gula merah. Cara memasaknya pertama rebus daging sampai dagingnya benar-benar empuk. Sambil menunggu haluskan semua bumbu yang tertulis di atas sampai menyatu. Setelah itu angkat daging yang sudah direbus kemudian potong-potong dengan bentuk sesuai selera.

Untuk memulai membuat masakan Indonesia yang satu ini ada baiknya jika anda menggunakan minyak wijen untuk menumis bumbunya. Panaskan minyaknya kemudian setelah panas masukan bumbu yang sudah dihaluskan tadi, tumis sampai tercium aroma wangi bumbunya. Setelah itu masukan daging yang sudah dipotong dan tambahkan sedikit air sisa rebusan daging untuk menambah kaldunya. Terakhir tambahkan garam dan penyedap rasa aduk dan masakan pun siap untuk disajikan.

Share on Facebook1Share on Google+2Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0