Cara Cerdas Menghemat Listrik Agar Tagihannya Tidak Mahal

 

Banyak orang yang pastinya menggunakan listrik yang konvensional yang dihadirkan oleh PLN. Ini merupakan perusahaan listrik negara yang menyediakan kebutuhan listrik dari Sabang sampai dengan ke Merauke. Tagihan PLN  ini juga yang harus diperhatikan apakah mahal atau tidak, jika memang mahal maka kita bisa mengurangi penggunaan listrik kita. Saat ini pengecekan tagihan sudah dapat dikatakan mudah dan praktis karena beberapa alasan. Salah satunya adalah karena sudah dapat dilakukan secara online dan bisa membayarkan dengan M-banking.

hemat listrikKetika sudah mendapatkan kemudahan dalam pembayaran tagihan ini memang akan membuat kita sebagai pengguna listrik akan semakin terbantu. Untuk Anda yang ingin tagihannya tidak mahal, ada beberapa tips dalam menghemat listrik antara lain:

  1. Matikan lampu pada siang hari, ini adalah cara terbaik agar listrik kita tidak akan terbuang sia-sia. Inilah yang penting karena pada siang hari pastinya ada cahaya yang datang dari matahari. Penggunaan lampu meskipun tidak banyak tetap saja akan memakan listrik yang cukup besar.
  2. Jangan menggunakan AC terlalu lama, karena bisa dibilang AC menjadi salah satu penyumbang tagihan terbesar untuk listrik kita. Cara menariknya adalah kita bisa membuat semacam alarm pada AC kita sehingga dapat diatur kapan mereka akan mati dengan otomatis.
  3. Gunakan perabotan yang hemat energy, sudah ada banyak sekali peralatan rumah tangga yang menggunakan teknologi hemat energy sehingga akan membuat kita jadi lebih mudah dan juga akan membuat tagihan listrik kita akan semakin hemat. Cara penggunaan ini harus disesuaikan dan akan membuat kita juga jadi lebih sehat.
  4. Selalu perhatikan penggunaan lampu dan barang elektronik. Inilah yang penting agar tagihan listrik kita tidak akan membengkak setiap bulannya.

Memiliki peralatan yang ramah lingkungan ini memang menjadi salah satu ciri rumah yang sehat dan juga baik. Mereka tidak akan memiliki tagihan untuk listrik yang besar. Jika saat ini Anda sedang ada dalam renovasi rumah tidak ada salahnya untuk membuat banyak celah udara atau membuat banyak lubang cahaya untuk rumah kita. Ini adalah salah satu cara agar pada siang hari cahaya dapat masuk ke dalam ruangan.

Ketika sudah mendapatkan tagihan pln dari rumah yang hemat energy ini maka kita bisa menghemat sampai dengan 100 ribu jika dibandingkan dengan penggunaan yang boros. Banyak orang yang memang sering mengeluhkan pembayaran listrik yang mahal karena beberapa alasan, salah satunya adalah karena mereka terlalu boros dan sulit meninggalkan beberapa kebiasaan boros ini.

Jika sudah mengetahui tariff dasar listrik yang kita milik nampaknya ini bukan merupakan sebuah halangan untuk berhemat listrik. Tentu saja ini dampak baiknya juga akan ada pada kita dimana kita akan lebih hemat dengan tagihan dan akan membuat listrik kita juga akan lebih bisa dihemat. Uang hemat ini bisa dialihkan untuk kebutuhan rumah tangga lainnya.

Mencari peralatan dengan watt yang kecil juga menjadi salah satu cara untuk menghemat sejumlah tagihan pln yang kita miliki. Karena dengan kecilnya watt ini akan mengurangi penggunaan listrik kita. Kini perusahaan juga sudah banyak yang menggunakan peralatan hemat listrik untuk menghemat pengeluaran perusahaan dan juga turut mendukung kegiatan dari pemerintah. Inilah yang sangat menguntungkan untuk para pelaku industry khususnya yang masih jarang melakukan penghematan terhadap listrik negara.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0