Cara-Cara Memandikan Dan Membersihkan Bayi

Cara memandikan bayi baru lahir bagi mereka yang pertama kali melakukannya akan sangat riskan jika tanpa adanya pendamping yang mengawasi dan mengajarkannya. Kerentakan kondisi bayi yang masih lemah menjadikan kehati-hatian yang harus dilakukan agar memandikan bayi menjadi bersih. Namun bagi anda yang jangan pula lantas menjadi takut dan cemas ketika akan memandikan bayi anda. Jika disekitar anda ada orang yang ahlinya dalam memandikan bayi maka anda dapat meminta pertolongannya dalam memandikan bayi tersebut, namun jika disekitar anda tidak ada orang yang dapat membantu anda dalam memandikan bayi anda. Maka anda dapat mencoba cara-cara berikut ini dalam memandikan dan membersihkan bayi.

memandikan bayi dengan amanSebelum anda memandikan bayi terlebih dahulu anda harus mempersiapkan peralatan mandi bayi, diantaranya, bantal, handuk, bak mandi (baskom), waslap, bola kapas, shampo atau sabun bayi dan popok atau pakaian yang bersih. Cara penggunaannya:

  1. Handuk dan bantal. Kedua alat dipakai jika anda hanya ingin melap atau membersihkan bayi saja tanpa memandikannya. Bantal dan handuk digunakan dalam membaringkan bayi di atasnya, lalu usap-usap tubuh bayi terutama bagian lipatannya yang ada di kaki, tangan dan leher bayi dengan bersih dan rata. Ketika melakukan hal ini sebaiknya dilakukan pada tempat yang benar-benar terjaga dari udara yang dingin, sehingga bayi tidak kedinginan.
  2. Bak mandi (baskom) digunakan sebagai tempat untuk memandikan bayi. Disiapkan juga air yang hangat dan waslap untuk mengusapnya. Jika perlu anda dapat menambahkan handuk atau spons untuk melapisi dasar bak mandi agar bayi merasa lebih nyaman.
  3. Bola kapas dan waslap. Bola kapas digunakan dalam membersihkan area sekitar mata bayi. Cara membersihkannya mulai dari bagian mata ke arah luar, gunakan bola kaps yang berbeda untuk tiap-tiap mata. Sedangkann waslap digunakan dalam membasuh tubuhnya, usahakan pula jangan terlalu kuat mengusapnya, cukup usahapan ringan karena mengusap bagian tubuh yang masih peka.
  4. Popok atau pakaian bayi. Ketika bayi sudah dimandikan dan dibersihkan maka, sebaiknya anda segera memakaikan popok bersih atau pakaian kepadanya, supaya bayi tidak terlalu lama merasa kedinginan.
  5. Lotion atau bedak bayi. Penggunaan alat ini sebenarnya masih menjadi kontroversi bagi bayi. Sehingga bagi anda yang masih ragu sebaiknya ditinggalkan saja, atau bagi anda yang ragu anda dapat menanyakannya langsung kepada yang ahli dibidangnya. Sedangkan bagi mereka yang menggunakannya sebaiknya jangan terlalu sering kuga digunakan kepada bayi
  6. Sabun bayi. Sabun bayi yang digunakan untuk mandi bayi sebaiknya sabun bayi yang tidak bebasa dari parfum. Penggunaan sabunpun tidak harus digunakan pada setiap mandi. Karena sabun dapat menghilangkan PH dalam tubuh bayi dapat melindunginya dari berbagai kuman.
  7. Setelah selesai pakaikan popok yang bersih dan pakaian agar anak tidak merasa dingin.

Silahkan dicoba, dan semoga bermanfaat

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0