Buat Kue Kembang Goyang Sendiri? Tidak Sulit Kok

Diantara sekian banyaknya makanan tradisional dari Jakarta, kue kembang goyang adalah salah satu yang cukup mudah ditemukan. Misalnya saja saat kamu pergi ke pasar tradisional, kamu akan bisa menemukan kue ini di toko yang menjual kue atau jajanan tradisional. Bahkan, beberapa hotel di Jakarta juga terkadang menyediakan kue ini lho untuk snack para tamunya. Jadi, meskipun menginap di hotel mewah sekalipun, para tamu tetap saja dapat mengenal makanan khas dari daerah tempatnya menginap saat ini.

Kue Kembang GoyangKue ini dinamakan kembang goyang karena dilihat dari bentuk dan proses pembuatannya. Bentuk kue ini memang seperti sebuah kembang dan saat pembuatannya, cetakan kue ini digoyangkan di dalam minyak agar terlepas dari cetakannya. Hmm… Menarik, bukan? Nah, untuk kamu yang tertarik untuk mencobanya namun tidak mau membelinya, kenapa tidak mencoba buat sendiri di rumah? Bahan yang dibutuhkan mudah kok untuk didapatkan, dan proses pembuatannya juga tergolong mudah. Mau tahu caranya? Yuk, langsung kita bahas.

Pertama, kamu harus menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, yaitu:

  • 50 gram gula halus
  • 2 butir telur ayam
  • 150 gram tepung beras yang telah di ayak
  • 50 gram tepung sagu yang telah di ayak
  • 250 ml air santan
  • Garam secukupnya
  • Wijen secukupnya

Untuk pembuatannya, pertama mixer gula halus dan telur hingga cukup mengembang. Kemudian campurkan semua bahan lainnya dan aduk hingga semua bahan sudah tercampur rata. Setelah itu, siapkan cetakan khusus untuk kembang goyang, dan panaskan minyak dalam wajan. Untuk proses menggoreng ini, kamu akan membutuhkan minyak dalam jumlah yang cukup banyak. Sebab, seluruh adonan harus terendam, namun cetakan tidak boleh menyentuh dasar wajan.

Setelah minyak cukup panas, celupkan cetakan ke dalam adonan. Namun jangan sampai bagian atas cetakan ikut tercelup ke dalam adonan yah, sebab nanti adonan tidak akan bisa terlepas dari cetakan, dan bentuknya pun akan berantakan. Setelah dicelupkan dalam adonan, segera masukkan ke dalam minyak yang telah dipanaskan. Goyang-goyangkan hingga adonan lepas, dan kemudian goreng hingga warnanya berubah kecoklatan.

Adonan untuk kue ini seharusnya cukup cair ya, jadi kalau sampai adonanmu ternyata terlalu kental, ada kemungkinan ada kesalahan dalam proses menimbang bahan. Namun, jangan terlalu cair juga, karena bisa membuat adonan tidak dapat menempel sempurna pada cetakan. Selain itu, takaran pada resep mungkin bisa berubah juga, dipengaruhi oleh ukuran telur, perbandingan besar putih dan kuning dan tingkat kekentalan santan. Jadi, kamu bisa merubahnya sesuai dengan kondisinya ya.

Selamat berkreasi.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0