Berbagai Manfaat Minyak Kemiri yang Belum Banyak Diketahui

Kemiri atau aleurites moluccana berada di dalam suku Euphorbiaceae. Tidak begitu banyak orang yang mengetahui bila kemiri ini memiliki hubungan kerabat dengan singkong, mungkin dikarenakan jarang sekali orang yang melihat pohon kemiri ini. Di Indonesia sendiri, kemiri sering digunakan sebagai bumbu masak yang dapat melezatkan setiap masakan. Akan tetapi ternyata, kemiri ini juga dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan yang lainnya salah satunya kemiri dibuat menjadi minyak kemiri.

Minyak KemiriSebenarnya, apakah kandungan dari kemiri ini? kemiri memiliki kandungan seperti saponin, polifenol, falvonoida, hingga zat gizi mikro seperti lemak, protein dan juga karbohidrat. Kemiri ini juga mempunyai kandungan mineral, contohnya seperti fosfor, kalium, kalsium dan juga magnesium. Selain itu, kandungan lainnya yang tidak kalah penting dapat memberi berbagai macam manfaat ialah vitamin B1, A, fitosterol, folat, yang dapat menghambat pembentukan kolesterol. Protein seperti asam amino esensial dan non esensial memiliki fungsi untuk membentuk protein dan juga antibodi.

Ada berbagai macam manfaat dari minyak kemiri ini untuk kesehatan, antara lain:

  • Sebagai obat sakit gigi. Sakit gigi ternyata dapat diobati dengan menggunakan kemiri. Anda hanya tinggal mengambil minyak dari kemiri kemudian dengan menggunakan kapas, tempelkan ke bagian gigi Anda yang sakit,
  • Mengatasi jamur. Jamur yang berada di tubuh, tentu saja akan mengganggu keseharian Anda, infeksi jamur seperti ini memang tidak bahaya, namun lebih pada rasa yang tidak nyaman. Untuk mengatasi jamur, Anda bisa mengoleskan minyak dari kemiri ke bagian tubuh yang sudah terinfeksi jamur. Lakukan hal ini dengan cara rutin,
  • Mengatasi susah tidur. Kandunganmetatonin yang berada di dalam minyak, dapat membuat Anda menjadi lebih relax dan mudah tidur. Dengan menggunakan minyak ini tidur Anda akan jauh berkualitas dan sehat.

Selain berguna untuk kesehatan, ternyata minyak dari kemiri ini bisa digunakan untuk kecantikan terlebih yang berhubungan dengan rambut. Memang, sudah sejak dulu nenek moyang kita mempergunakan buah kemiri kemudian diambil minyaknya dan digunakan untuk memperkuat rambut. Ada berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan untuk mengambil minyak dari buah kemiri, seperti di sangrai, hingga di rebus.

Berikut berbagai macam manfaat dari minyak kemiri untuk kesehatan rambut Anda, antara lain:

  • Mengatasi rambut yang rontok. Minyak dari buah kemiri dapat digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut. Anda hanya perlu menggunakan minyak dan aplikasikan ke rambut. Kandungan mineral dan protein yang berada alam buah kemiri bisa menyehatkan rambut dan akarnya,
  • Menyuburkan rambut. Manfaat dari kemiri untuk bisa menyuburkan rambut memang tidak bisa dibantah lagi. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda hanya perlu mengoleskan secukupnya minyak tersebut kerambut Anda, lakukan pijatan dengan lembut dan biarkan selama semalaman.
Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0