Berbagai Cara Mengolah Ikan Sarden. Wajib Coba untuk Menu Sahur!

Ikan sarden kalengan merupakan menu makanan sahur yang kerap menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia. Pengolahan ikan sarden ini juga cukup mudah: tinggal menumisnya dengan bawang dan tambahan cabai, maka ikan sarden sudah bisa dikonsumsi. Ikan sarden mengandung vitamin dan mineral, menjadi sumber alami asam lemak omega-3, hingga mengandung kalsium. Tentunya, kandungan gizi dalam sajian ikan sarden sangat baik untuk tubuh kita. ikan sarden

Nah, jika selama ini kamu hanya tahu cara mengolah ikan sarden dengan menumisnya saja, coba beberapa resep berikut, yuk! Ada beberapa olahan ikan kaleng yang bisa kamu coba di rumah, seperti dikutip dari situs Eat This:

  1. Untuk menambah asupan protein dalam sajian salad yang dikonsumsi, kamu bisa menambahkan ikan sarden sebagai pelengkapnya. Caranya juga mudah: siapkan sajian salad yang diinginkan: misalnya bayam, selada, mentimun, tomat, dan juga dressing berupa perasan lemon, minyak zaitun, serta sejumput garam. Sajikan salad dengan ikan sarden yang sudah matang di piring terpisah. Mengonsumsi salad segar dengan ikan sarden ini ternyata cukup nikmat juga, lho!
  2. Baked potato. Craving for baked potato? Nah, ikan sarden ini bisa dijadikan sebagai alternatif topping untuk baked potato, Jika selama ini kamu hanya menggunakan smoked beef atau brokoli sebagai topping, kamu bisa menggantinya dengan ikan sarden. Rasanya juga pasti lebih nikmat! Psst, jangan lupa beri taburan keju yang banyak sebelum dipanggang, ya. Dan kalau kamu tidak memiliki kentang di rumah, bisa juga menggantinya dengan paprika, ya!
  3. Sudah pernah mencoba omelette ikan sarden? Kalau belum, wajib coba, yuk! Caranya juga mudah: campurkan telur dan ikan sarden, lalu masak di pan hingga matang. Sajikan dengan saus cabai atau saus tomat, omelette siap dijadikan sebagai menu sahur! Kandungan gizi dan protein untuk hidangan ini juga banyak, lho. Dan sudah pasti mengenyangkan jika dikonsumsi dengan nasi!
  4. Terakhir, untuk kamu yang ingin makan sahur dengan pasta, bisa menggunakan ikan sarden ini sebagai lauk sekaligus sausnya. Ganti saus carbonara dengan saus ikan sarden yang asam pedas. Caranya: tumis ikan sarden beserta bumbunya dengan bawang bombai, bawang putih, dan juga potongan cabai sesusai selera. Jika sudah matang, tuangkan di atas pasta yang sudah direbus sebelumnya. Pasta siap dinikmati.

Nah, ternyata ada cukup banyak cara mengolah ikan sarden yang nikmat, ya. Siap untuk mencobanya sebagai menu sahur besok?