Belajar Bahasa Inggris Dengan Film

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang paling sering digunakan di dunia. Dimanapun lokasinya kita akan sering mendengarkan bahasa inggris, baik itu percakapan orang sekitar kita, iklan televisi, film, atau lagu yang menggunakan bahasa inggris. Oleh karena itu, belajar bahasa Inggris dasar sangat penting, baik itu untuk komunikasi atau sekadar menikmati media berbahasa inggris.

belajar bahasa inggris dengan filmUntuk menguasai suatu bahasa, salah satu cara paling ampuh adalah dengan memahami penggunaannya di dalam konteks sehari-hari. Jika lingkungan kita bukan lingkungan berbahasa Inggris, maka hal terbaik yang kedua adalah dengan cara memanfaatkan media bahasa Inggris. Film merupakan salah satu media favorit untuk belajar bahasa Inggris karena film memiliki berbagai tema dan level bahasa yang berbeda-beda dari yang untuk anak-anak hingga dewasa, serta menampilkan penggunaan bahasa dalam situasi sehari-hari.

Mungkin beberapa orang masih ragu dengan saran belajar bahasa Inggris melalui film. Padahal, film memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh media lain seperti buku teks. Dialog film biasanya menggunakan bahasa Inggris yang sering digunakan sehari-hari, sehingga kita bisa mengetahui bagaimana biasanya para native speaker berkomunikasi. Melalui film, kita juga bisa memperluas kosakata sesuai tema film tersebut. Misalnya, dengan menonton film detektif kita akan mengetahui istilah-istilah yang biasa dipakai di bidang kepolisian, atau juga contohnya dengan menonton film period drama kita bisa mengetahui slang yang dipakai pada zaman tersebut. Dari film juga kita bisa mengetahui bagaimana kata-kata diucapkan, dan bagaimana intonasi kata bisa mengubah arti dari rangkaian kata yang sama.

Ketika kita menonton film untuk belajar bahasa inggris, ada beberapa hal yang dapat dicoba agar pengalaman menonton dan belajar lebih mengasyikkan.

  • Pilihlah film yang menarik dan sesuai selera kita. Ini penting, karena jika film membosankan, akan sulit bagi kita untuk dapat berkonsentrasi selama satu sampai dua jam.
  • Pilihlah film yang sesuai dengan level bahasa Inggris kita sekarang. Untuk pemula, disarankan menonton film-film animasi atau film-film yang lebih ditujukan ke penonton muda.
  • Bawalah kamus atau translator, dan cobalah menonton dengan subtitle bahasa Inggris. Jika ada kata yang tidak dimengerti, kata tersebut dapat langsung dicari.

Dengan belajar melalui film, kita dapat menangkap bahasa Inggris dalam konteks sehari-hari. Ini tentunya sangat berguna untuk menambah pengetahuan bahasa Inggris yang sudah didapatkan sebelumnya, dan mempersiapkan kita untuk dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris. (Dana)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0